This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nadiya, Khoirun (2024) Analisis tingkat penerimaan aplikasi perplexity dalam penyusunan tugas akhir mahasiswa UIN Sunan Ampel menggunakan metode modified Technology Acceptance Model (TAM). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Khoirun Nadiya_09020620029 full.pdf Restricted to Repository staff only until 11 June 2027. Download (8MB) |
|
Text
Khoirun Nadiya_09020620029.pdf Download (7MB) |
Abstract
Artificial Intelligence (AI) adalah suatu ilmu yang mensimulasikan perilaku cerdas manusia melalui perangkat komputer sebagai alat untuk pembelajaran dan pengambilan keputusan. Perkembangan AI yang semakin pesat membuat perusahaan-perusahaan besar seperti Google dan Microsoft telah berkomitmen untuk menerapkan AI ke berbagai bidang. Saat ini, AI telah diterapkan secara meluas di berbagai bidang salah satunya adalah bidang pendidikan. Penerapan AI di bidang pendidikan membawa dampak positif yaitu mewujudkan peluang terjadinya reformasi proses belajar mengajar. Selain itu, AI juga dapat digunakan dalam membantu mahasiswa ketika menyusun tugas akhir. Salah satu aplikasi AI berbasis chatbot yang banyak digunakan adalah Perplexity. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh tingkat penerimaan Aplikasi Perplexity pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teori Modified Technology Acceptance Model (TAM) digunakan sebagai rujukan untuk model penelitian. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui Google form dan didapatkan 102 responden. SEM-PLS digunakan sebagai teknik pengujian model yang dilakukan dengan Software SmartPLS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa dari dua belas hipotesis, terdapat lima hipotesis ditolak dan tujuh lainnya diterima. Hipotesis yang ditolak diantaranya adalah perceived usefulness, enabling environment, subjective norm berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap behavioral intention, perceived ease of use berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap behavioral intention, subjective norm berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap perceived usefulness.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Internet Manajemen Informasi Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Modified TAM; tingkat penerimaan; perplexity; SEM-PLS; SmartPLS | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi | ||||||||||||
Depositing User: | Khoirun Nadiya . | ||||||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2024 06:55 | ||||||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2024 06:55 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70576 |
Actions (login required)
View Item |