Peningkatan kemampuan membaca surat pendek mata pelajaran Al Quran Hadits melalui metode mimicry memorization pada siswa Kelas VI MI Muhammadiyah 23 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umroh, Idatul (2016) Peningkatan kemampuan membaca surat pendek mata pelajaran Al Quran Hadits melalui metode mimicry memorization pada siswa Kelas VI MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca al-Qur’an khususnya surat pendek siswa kelas VI MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Faktanya, masih banyak kesulitan dalam membaca surat pendek dengan benar dan fasih sesuai dengan tajwidnya. Oleh karena itu, sangat perlu diterapkan metode yang dinilai dapat meningkatkan kemampuan membaca surat pendek pada mata pelajaran al-Qur’an Hadist yaitu dengan metode mimicry memorization. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode mimicry memorization dalam meningkatkan kemampuan membaca surat al-Bayyinah mata pelajaran al-Qur’an Hadist pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah 23 Surabaya, (2) Mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca surat al-Bayyinah mata pelajaran al-Qur’an Hadist melalui metode mimicry memorization pada siswa kelas VI MI Muhammadiyah 23 Surabaya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, sedangkan model PTK yang digunakan adalah model Kurt Lewin, di mana dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode mimicry memorization dalam meningkatkan kemampuan membaca surat al-Bayyinah dapat dilakukan dengan baik melalui perbaikan pada tiap siklus. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 86,76% (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 97,85% (sangat baik). Begitu pula aktivitas siswa pada siklus I yaitu 77,88% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% (sangat baik). (2) Peningkatan kemampuan membaca surat al-Bayyinah siswa dengan metode mimicry memorization dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pra siklus yaitu 70,21 (rendah), pada siklus I meningkat menjadi 76,15 (baik) dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 87,10 (sangat baik). Dapat dilihat juga pada peningkatan prosentase ketuntasan kelas yaitu pada pra siklus sebesar 47,36%, pada siklus I meningkat menjadi 73,68% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 94,73 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umroh, Idatulumroh_assufi@yahoo.comD57212076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, ZumrotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Kemampuan membaca; Surat al Bayyinah; mimicry memorization
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Idatul Umroh
Date Deposited: 27 Jun 2016 06:15
Last Modified: 28 Oct 2024 03:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item