This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Suryani, Kiki Indah (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MENGGUNAKAN STRATEGI TALKING STICK BAGI SISWA KELAS IV MINU WARU II WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.
|
Text
Cover.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (259kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (788kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (232kB) | Preview |
Abstract
Guru terbiasa menyampaikan materi dengan metode pembelajaran secara konvensional yakni ceramah, sehingga peserta didik merasa kesulitan saat mengungkapkan kembali atau berbicara mengenai isi materi Isra’ Mikraj Nabi Muhammad SAW. Maka dari itu, untuk meningkatkan keterampilan berbicara, peneliti mengambil tindakan pembelajaran melalui strategi Talking Stick.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan strategi Talking Stick dalam rangka meningkatkan keterampilan berbicara pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV MINU WARU II Waru Sidoarjo Tahun Ajaran 2015/2016?. (2) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah menggunakan strategi Talking Stick bagi siswa kelas IV MINU WARU II Waru Sidoarjo Tahun Ajaran 2015/2016?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi Talking Stick dan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kolaboratif antara kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan meningkatkan keterampilan berbicara. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV MINU WARU II Waru Sidoarjo. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik tes yang berupa tes lisan dan juga teknik non tes yang terdiri dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Model PTK yang digunakan yaitu model Kurt Lewin yang dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan strategi Talking Stick sudah sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi aktivitas guru yang mencapai nilai 83,3 dan hasil observasi aktivitas peserta didik mencapai nilai 66,7 pada siklus I kemudian mengalami peningkatan pada siklus II yakni data hasil observasi aktivitas guru mencapai nilai 91,7 dan hasil observasi aktivitas peserta didik mencapai nilai 91,7. (2) Keterampilan berbicara peserta didik sudah meningkat, pada siklus I sebanyak 9 peserta didik yang tuntas, pada siklus II menjadi 15 peserta didik yang tuntas. Nilai rata-rata yang dicapai secara klasikal pada siklus I sebesar 74 menjadi 87 pada siklus II dan dinyatakan tuntas. Sedangkan prosentase ketuntasan keterampilan berbicara pada siklus I masih mencapai 53% menjadi 88% pada siklus II dengan kategori baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | Keterampilan Berbicara; Sejarah Kebudayaan Islam; Strategi Talking Stick | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | risalul um risalul ummah risalul ummah | ||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 03:22 | ||||||
Last Modified: | 28 Jun 2016 03:22 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7061 |
Actions (login required)
View Item |