This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mazidah, Lailiyatul (2016) Peningkatan kemampuan menjelaskan ketentuan puasa Ramadhan dengan menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here bagi siswa kelas III MI Al Huda Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (353kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Dalam pembelajaran Fiqih materi ketentuan puasa Ramadhan, guru sering menggunakan dengan pendekatan tradisional, Guru menggunakan metode konvensional sehingga peserta didik kurang tertarik dan merasa bosan khususnya dalam pengajaran agama. Siswa belum diarahkan sendiri untuk memahami sendiri tentang makna dan nilai – nilai spiritual yang sedang dipelajari. Adapun permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran fikih materi Puasa Ramadhan kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan kemampuan menjelaskan siswa kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo pada pembelajaran fikih materi puasa ramadhan melalui strategi Everyone Is A Teacher Here? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here pada mata pelajaran fikih materi Puasa Ramadhan kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo. 2) untuk mengetahui peningkatan kemampuan menjelaskan siswa kelas III MI Al Huda Tanggulangin, Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classsroom Action Research) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), aksi atau tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III di MI Al Huda Tanggulangin Sidoarjo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu tes (pre-test dan post test). Dari hasil analisis didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa dalam kemampuan menjelaskan mengalami peningkatan dari sebelum diadakan test yang menggunakan strategi Everyone Is A Teacher Here, dimana rata – rata hasil belajar siswa sebesar 63 dan rata – rata skor perolehan kemampuan menjelaskan pada setiap indikator menjelaskan sebesar 60. Sedangkan dalam siklus 1 (setelah dilakukannya tes dengan penerapan strategi Everyone Is A Teacher Here) nilai hasil belajar siswa yaitu 78 rata – rata skor perolehan kemampuan menjelaskan pada setiap indikator menjelaskan sebesar 74 serta pada siklus II hasil belajar siswa dalam menjelaskan ketentuan – ketentuan puasa Ramdhan meningkat menjadi 88 sedangkan perolehan nilai kemampuan menjelaskan pada setiap indikator menjelaskan sebesar 85menunjukkan bahwa melebihi KKM yaitu 70.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||
Keywords: | Kemampuan menjelaskan ketentuan puasa Ramadhan; fikih | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | risalul um risalul ummah risalul ummah | ||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2016 03:31 | ||||||||
Last Modified: | 30 Oct 2024 02:43 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7062 |
Actions (login required)
View Item |