This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Basyiroh, Laila alfin (2024) Pengaruh media interaktif wordwall terhadap pemahaman kosa kata bahasa arab pada peserta didik MI darussalam Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Laila Alfin Basyiroh_06030720055 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Laila Alfin Basyiroh_06030720055 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 19 June 2027. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurang adanya media pembelajaran yang mendukung pembelajan dikelas, guru masih berpedoman pada buku LKS, pembelajaran masih berpusat pada guru, yaitu siswa menirukan bacaan guru, kemudian mengartikan kosa kata dan menuliskanya di buku. Permsalahan ini berpengaruh terhadap pemahaman kosa kata bahasa Arab peserta didik kelas V. Oleh karena itu, peneliti melakukan usaha perbaikan pada pembelajaran kosa kata khususnya pada materi “ fil maqshof” melalui media interaktif Wordwall. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kosa kata bahasa Arab peserta didik di MI Darussalam Sidoarjo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent pre-test post-test control group design. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawanacara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, uji statistika deskriptif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 65,08 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 59,63. Kemampuan awal pemahaman kosa kata antara peserta didik kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan perlakuan (Post-test) memperoleh nilai rata-rata yang berbeda. Berdasarkan uji statistika deskriptif kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 80,75 dan kelas kontrol memperoleh rata-rata sebesar 70,25. Setelah diberikan perlakuan berupa media interaktif Wordwall, pemahaman kosa kata peserta didik kelas eksperimen meningkat. Berdasarkan hasil uji independen sample t-test menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh yaitu Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 atau sig. <0,005, sehingga media interaktif Wordwall signifikan berpengaruh terhadap pemahaman kosa kata bahasa Arab peserta didik MI Darussalam Sidoarjo. Oleh karena itu, Ho di tolak dan Ha diterima.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Media Interaktif Wordwall; Pemahaman Kosa Kata; Bahasa Arab | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Laila Basyiroh | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2024 08:24 | ||||||||||||
Last Modified: | 19 Jun 2024 08:24 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70686 |
Actions (login required)
View Item |