Fungsi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhan, Reffin Aldien (2024) Fungsi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MAN kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reffin Aldien Ramadhan_ 06040320095 OK.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Reffin Aldien Ramadhan_ 06040320095 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang Fungsi supervisiKepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Era Smart Society 5.0 Di Man Kota Surabaya. Tujuan penelitian ini antara lain adalah: (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Fungsi Supervisi Kepala Madrasah di MAN Kota Surabaya; (2). Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Kinerja Guru di MAN Kota Surabaya; (3) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan Faktor Pendukung dan Penghambat Fungsi Supervisi Kepala Madrasah di MAN Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan, yang artinya pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi serta dokumentasi. Kemudian peneliti juga menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik kemudian menganalisi data dengen reduksi data, penyaian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil temuan penelitan ini menunjukan bahwa: (1) Fungsi supervisiKepala Madrasah di MAN Kota Surabaya, yakni dengan telah dilaksanakannya fungsi kepala madrasah sebagai pengawas, fungsi kepala madrasah sebagai pembina dan fungsi kepala madrasah sebagai penilai; (2) Kinerja Guru di MAN Kota Surabaya dibukitkan para guru telah melaksanakan kinerjanya dengan baik dan telah memanfaatkan kemajua teknologi pembelajaran didalam, membuat rencana program pembelajaran, memilih metode dan media pembelajaran yang relevan, melakukan penilaian dan evalulasi hasil pembelajaran dan melakukan tindak lanjut dari hasil penilaian dan evaluasi; (3) Faktor pendukung dan penghambat Fungsi Supervisi Kepala Madrasah di MAN Kota Surabaya, faktor pendukung diantaranya pemerataan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai dan respon positif para guru dalam pengawasan atau supervisi, faktor penghambatnya antara lain Kesibukan waktu kepala madrasah, dilema metode pengajaran konvensional di zaman yang serba modern, dan ketetertutupan guru dengan inovasi teknologi pembelajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhan, Reffin Aldien06040320095@student.uinsby.ac.id06040320095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMardiyah, Mardiyahummi.mardiyah@gmail.com2025076703
Thesis advisorSahudi, Sahudisahudi77.MS@gmail.com2012047702
Subjects: Kepala Sekolah
Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Fungsi Supervisi; Kinerja; Kepala Madrasah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Reffin Aldien Ramadhan
Date Deposited: 21 Jun 2024 03:27
Last Modified: 21 Jun 2024 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70729

Actions (login required)

View Item View Item