Pengaruh model collaborative problem based learning terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas V Minu Waru II Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Nurlailatul (2024) Pengaruh model collaborative problem based learning terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas V Minu Waru II Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurlailatul Fadilah_06020720041.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Nurlailatul Fadilah_06020720041_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan kolaborasi peserta didik kelas V MINU Waru II Sidoarjo. Berdasarkan hasil studi lapangan mayoritas peserta didik dalam bekerja kelompok menggunakan waktunya untuk saling berbicara di luar konteks pembelajaran. Bahkan beberapa peserta didik tidak mengerti apa yang harus dikerjakan sehingga hanya satu atau dua anggota kelompok yang melakukan aktivitas dalam kelompok. Hasil wawancara dengan wali kelas juga menyatakan hal yang sama bahwa memang kelas tersebut sulit diatur dibandingkan kelas lainnya. Adanya keberagaman sifat yang terdapat di kelas tersebut sering menjadikan lingkungan belajar kurang kondusif. Dengan demikian belum terlihat aktivitas saling diskusi, rendahnya rasa tanggung jawab dalam tugas, serta kurang adanya kerjasama antar anggota kelompok. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model Collaborative Problem Based Learning (CPBL) terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas V MINU Waru II Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Pre Experimental Design dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 21 peserta didik kelas V C MINU Waru II Sidoarjo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini didapat melalui angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji hipotesis melalui uji Paired Sample T-Test. Dalam melakukan penelitian, peneliti juga membuat modul ajar serta mempraktikkannya pada sampel penelitian. Materi yang disusun pada modul ajar mengenai Data. Modul ajar disusun dengan memperhatikan sintaks model CPBL yang terdiri atas problem orientation, organizing, collaborative problem-solving, discussion and presentation, dan evaluation. Berdasarkan hasil uji Paired Sample T-Test yang telah dilakukan, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh model CPBL terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas V MINU Waru II Sidoarjo. Pengaruh tersebut juga diperkuat dengan adanya perbedaan rata-rata pretest dan posttest yang mana nilai rata-rata keterampilan kolaborasi peserta didik sebelum diberi perlakuan sebesar 56,369 meningkat menjadi 80,476 setelah diberi perlakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Nurlailatulnurlailatul.fadilah26@gmail.com06020720041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model collaborative problem based learning; keterampilan kolaborasi; Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurlailatul Fadilah
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:48
Last Modified: 25 Jun 2024 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70794

Actions (login required)

View Item View Item