This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aulia, Firza Nada (2024) Social Intelligence dalam Al Qur'an. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Firza Nada Aulia_07020320039 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Firza Nada Aulia_07020320039 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 25 June 2027. Download (2MB) |
Abstract
Social intelligence (kecerdasan sosial) merupakan keterampilan seseorang dalam berkomunikasi secara efektif, dengan memahami berbagai situasi yang terjadi dan mampu memberikan respon yang tepat. Keterampilan ini penting untuk dimiliki sebagai bekal seseorang dalam berinteraksi dengan masyarakat, sehingga mendukung terwujudnya relasi sosial yang rukun dan harmonis. Istilah kecerdasan sosial tidak disebutkan secara eksplisit dalam Al-Qur’an, namun pada hakikatnya pembahasan mengenai tema tersebut tersirat pada ayat-ayatnya. Diantaranya: surah an-Nisa’ ayat 8, surah al-Ma’idah ayat 2 dan surah an-Nisa’ ayat 36 tentang social sensitivity (kepekaan sosial), surah Ali ‘Imran ayat 159 dan surah al-Hujurat ayat 12 tentang social insight (wawasan sosial), dan surah Ali ‘Imran ayat 104 dan al-Hujurat ayat 13 tentang social communication (komunikasi sosial). Permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran ayat-ayat social intelligence dalam Al-Qur’an? 2) Bagaimana konsep social intelligence dalam Al-Qur’an? 3) Bagaimana implementasi konsep social intelligence dalam kehidupan bermasyarakat?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penafsiran ayat-ayat social intelligence, mengungkap konsep social intelligence dalam Al-Qur’an, dan mendeskripsikan implementasi konsep tersebut dalam kehidupan bemasyarakat. Adapun jenis penelitian ini adalah model penelitian kepustakaan (library research). Sedangkan metode yang digunakan ialah metode deskriptif-analitis, untuk memperoleh informasi dari fenomena yang dibahas. Dalam hal ini berarti mendeskripsikan konsep social intelligence dalam Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa konsep social intelligence dalam Al-Qur’an menggambarkan bagaimana agar hubungan antar sesama manusia menjadi harmonis, dilandasi dengan ketaatan terhadap ajaran agama Islam. Konsep social intelligence pada penelitian ini digambarkan dengan 3 dimensi yaitu social sensitivity (sensitivitas sosial), social insight (wawasan sosial), dan social communication (komunikasi sosial). Ketiga dimensi saling berkaitan dan melengkapi, berupa kepekaan sosial yang didasari empati, kemampuan adaptasi, pemahaman situasi dan etika sosial, serta kemampuan komunikasi dan presentasi diri secara efektif untuk mempengaruhi orang lain melakukan kebajikan. Bentuk implementasi konsep ini dalam kehidupan bermasyarakat diantaranya: tolong menolong, mengucapkan perkataan baik, peduli, menghormati dan menghargai perbedaan, menghindari suuzan, tajassus, dan gibah, serta mengamalkan amar ma’ruf nahi munkar.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Agama Perilaku Sosiologi |
||||||||
Keywords: | Social intelligence; Al-Qur’an | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir | ||||||||
Depositing User: | Firza Nada Aulia | ||||||||
Date Deposited: | 25 Jun 2024 02:43 | ||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2024 03:17 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70823 |
Actions (login required)
View Item |