This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Putri, Alfina Rifky Taftiana (2024) Pengembangan E-LKPD berbasis literasi numerasi terintegrasi konten keislaman berbantuan liveworksheets untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Alfina Rifky Taftiana Putri_06010420002.pdf Download (20MB) |
|
Text
Alfina Rifky Taftiana Putri_06010420002_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 June 2027. Download (20MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis literasi numerasi terintegrasi konten keislaman berbantuan Liveworksheets supaya menjadi media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. E-LKPD yang dikembangkan mengacu pada domain bilangan dan aljabar melalui Liveworksheets. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan proses pengembangan, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini diterapkan kepada siswa kelas VIII-G di MTsN 9 Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note, teknik validasi, teknik wawancara berbasis tes. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan analisis field note, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan E-LKPD pada tahap analisis diperoleh data tentang kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran, dan materi pembeljaran yang dirasa sulit oleh siswa. Tahap perancangan, peneliti merancang E-LKPD. Tahap pengembangan, peneliti membuat, mengembangkan, dan memvalidasi E-LKPD serta memperbaiki E-LKPD berdasarkan masukan dan saran dari validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan E-LKPD kepada siswa kelas VIII-G di MTsN 9 Kediri. Tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan E-LKPD. (2) E-LKPD dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 4,60. (3) Secara aspek teori, E-LKPD dinyatakan “praktis” oleh para validator dengan rata-rata total nilai kepraktisan 91,73 dan masuk pada kriteria A. Sedangkan secara aspek praktik, E-LKPD dinyatakan “praktis” oleh siswa dengan rata-rata angket respons siswa 99,21% atau berada pada kategori “sangat baik”. (4) E-LKPD dinyatakan “efektif” untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil tes pada masing-masing indikator, yaitu indikator interpretasi 81,25%, analisis 84,82%, inferensi 79,46%, evaluasi 75,00%, eksplanasi 70,54%, dan indikator pengaturan diri 68,75%
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Guru Al Qur'an Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | E-LKPD berbasis literasi numerasi terintegrasi konten keislaman; liveworksheets; kemampuan berpikir kritis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Alfina Rifky Taftiana Putri | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2024 05:13 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Jun 2024 05:13 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70889 |
Actions (login required)
View Item |