Pengembangan E-LKPD berbasis literasi numerasi terintegrasi konten keislaman berbantuan liveworksheets untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Alfina Rifky Taftiana (2024) Pengembangan E-LKPD berbasis literasi numerasi terintegrasi konten keislaman berbantuan liveworksheets untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfina Rifky Taftiana Putri_06010420002.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Alfina Rifky Taftiana Putri_06010420002_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 June 2027.

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis literasi numerasi terintegrasi konten keislaman berbantuan Liveworksheets supaya menjadi media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. E-LKPD yang dikembangkan mengacu pada domain bilangan dan aljabar melalui Liveworksheets. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE. Terdapat lima tahapan proses pengembangan, yaitu tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini diterapkan kepada siswa kelas VIII-G di MTsN 9 Kediri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note, teknik validasi, teknik wawancara berbasis tes. Setelah data diperoleh, data tersebut dianalisis menggunakan analisis field note, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan E-LKPD. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini meliputi: (1) Proses pengembangan E-LKPD pada tahap analisis diperoleh data tentang kurang maksimalnya penggunaan media pembelajaran, dan materi pembeljaran yang dirasa sulit oleh siswa. Tahap perancangan, peneliti merancang E-LKPD. Tahap pengembangan, peneliti membuat, mengembangkan, dan memvalidasi E-LKPD serta memperbaiki E-LKPD berdasarkan masukan dan saran dari validator. Tahap penerapan, peneliti menerapkan E-LKPD kepada siswa kelas VIII-G di MTsN 9 Kediri. Tahap evaluasi, peneliti mengevaluasi dan menilai seberapa besar keefektifan E-LKPD. (2) E-LKPD dinyatakan “sangat valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 4,60. (3) Secara aspek teori, E-LKPD dinyatakan “praktis” oleh para validator dengan rata-rata total nilai kepraktisan 91,73 dan masuk pada kriteria A. Sedangkan secara aspek praktik, E-LKPD dinyatakan “praktis” oleh siswa dengan rata-rata angket respons siswa 99,21% atau berada pada kategori “sangat baik”. (4) E-LKPD dinyatakan “efektif” untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil tes pada masing-masing indikator, yaitu indikator interpretasi 81,25%, analisis 84,82%, inferensi 79,46%, evaluasi 75,00%, eksplanasi 70,54%, dan indikator pengaturan diri 68,75%

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Alfina Rifky Taftianataftianaputri04@gmail.com06010420002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Guru
Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: E-LKPD berbasis literasi numerasi terintegrasi konten keislaman; liveworksheets; kemampuan berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Alfina Rifky Taftiana Putri
Date Deposited: 26 Jun 2024 05:13
Last Modified: 26 Jun 2024 05:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70889

Actions (login required)

View Item View Item