This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Lestari, Linda Lisma (2024) Implementasi program creative research dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Muhammadiyah 10 GBK Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Linda Lisma Lestari_D93217103.pdf Download (4MB) |
|
Text
Linda Lisma Lestari_D93217103_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 July 2027. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Implementasi Program Creative Research Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: 1) Implementasi Program Creative Research di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik merupakan sarana pengembangan diri siswa dan semua sumber daya manusia sebagai penunjang sekolah riset serta menjadikan peserta didik untuk menjadi peneliti muda yang berkompeten. Dalam menjalankan program ini terdapat tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik adalah kegiatan yang melibatkan kognitif, dimana seseorang berpikir rasional sesuai dengan kreativitas suatu individu. Terdapat empat komponen berpikir kreatif yaitu berpikir lancar (fluency), berpikir luwes (flexibility), berpikir elaboratif (elaboration), dan berpikir orisinil (originality). Berpikir kreatif dapat dipengaruhi oleh motivasi dari dalam diri dan juga dipengaruhi oleh lingkungan. Strategi untuk mengembangkan kreativitas siswa melalui program pengembangan diri.3) Implementasi program creative research dinilai efektif dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik, siswa akan terlatih untuk membuat suatu karya ilmiah. Sehingga siswa mampu untuk melihat dan menyelesaikan masalah dengan cara yang baru dan unik, mengembangkan suatu hal menjadi lebih baik dan menemukan Solusi yang terbaik. 4) Faktor pendukung Implementasi Program Creative Research dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa di SMA Muhammadiyah 10 GKB Gresik meliputi sarana dan prasarana yang memadai dan Guru atau pengajar yang berkompeten, sedangkan faktor penghambat meliputi anggaran dan siswa yang merasa kesulitan dalam mengikuti pelajaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Manajemen dan organisasi sekolah |
||||||||||||
Keywords: | Implementasi program creative research; kemampuan berpikir kreatif siswa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Linda Lisma Lestari | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 05:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 05:10 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70927 |
Actions (login required)
View Item |