This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Cindy, Cindy margaretha (2024) Citra perempuan dalam media iklan dI Indonesia: kajian semiologi Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cindy Margaretha_3010420005 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Cindy Margaretha_3010420005 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 June 2027. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini mengidentifikasi perbedaan dalam aspek feminitas berdasarkan jenis kelamin di dalam iklan Indofood, Counterpain, Yakult, dan Obida. Penelitian ini dikaji melalui teori semiotika Roland Barthes yakni menganalisis bentuk feminitas yang terwujud dalam iklan tersebut. Adanya pengaruh iklan terhadap persepsi individu mengenai peran dan fungsi gender. Dalam iklan-ikalan di Indonesia, terdapat resistensi terhadap norma budaya patriarki yang tercermin melalui dialog antar tokoh yang dimainkan. Penelitian ini juga mencoba memahami makna denotasi, konotasi dan sistem penggunaan tanda tekstual lima kode leksia. Oleh karena itu, rumusan masalah dari penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana pemaparan makna teori denotasi dan konotasi dalam iklan Indofood versi Cuma Ibu yang Bisa, iklan Counterpain versi Ibu Rumah Tangga, iklan Yakult versi Cintai Ususmu dengan Cinta Ibu, iklan Obida versi Sejak Lama di percaya Ibu di Indonesia? (2) Bagaimana pemaparan kode-kode leksia yang ditemukan dalam iklan-iklan bertema gender di Indonesia dalam iklan gender di Indonesia dalam iklan Indofood versi Cuma Ibu yang Bisa, iklan Counterpain versi Ibu Rumah Tangga, iklan Yakult versi Cintai Ususmu dengan Cinta Ibu, iklan Obida versi Sejak Lama di percaya Ibu di Indonesia?, dan tujuan dari penelitian ini memaparkan mengenai kode-kode leksia dan makna denotasi dan konotasi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Masyarakat Wanita Budaya |
||||||||||||
Keywords: | Semiotika; Feminitas; Roland Barthes; Iklan; Indofood; Yakult; Counterpain; Obida | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Indonesia | ||||||||||||
Depositing User: | Cindy Cindy margaretha Margaretha | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Jun 2024 06:54 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Jun 2024 06:54 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/70956 |
Actions (login required)
View Item |