This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mustadi, Mustadi (2014) INTERNALISASI NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DI PESANTREN : STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN SIDOGIRI PASURUAN. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (493kB) |
||
|
Text
Bab 6.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
Datar Pustaka.pdf Download (245kB) | Preview |
Abstract
Pesantren merupakan lembaga pendidikan agama yang memiliki peran multi fungsi, baik sebagai agen perubahan sosial, agen pemberdayaan ekonomi masyarakat, agen pemberdayaan sumberdaya manusia maupun penjaga nilai budaya tertentu.
Realitas menunjukkan bahwa masih banyak output pesantren yang belum memiliki keterampilan khusus, sehingga pesantren turut andil dalam peningkatan angka pengangguran di Indonesia. Sementara persaingan kerja semakin keras.
Maka diperlukan upaya konkrit pesantren untuk menginternalisasi nilai-nilai entrepreneurship melalui materi pelajaran yang berorientasi pada keilmuan
dengan life skill.
Secara spesifik penelitian ini difokuskan untuk mendiskripsikan jawaban dari pertanyaan tentang (1) bagaimana nilai-nilai entrepreneurship santri ketika
masuk di PPS Pasuruan, (2) bagaimana proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship pada santri, (3) bagaimana peran kyai, pengurus dan ustadh dalam proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship di PPS Pasuruan dan (4)
bagaimana tingkat keberhasilan proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship pada santri di PPS Pasuruan.
Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan dan model studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan analisis isi dokumen dengan waktu selama satu tahun.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tiap individu memiliki bakat bawaan yang berbeda dengan individu lain. Pada umumnya nilai-nilai entrepreneurship santri belum terlihat dan bersifat abstrak (laten) yang berupa
nilai kepercayaan diri dan motivasi yang bersumber dari pembelajaran di keluarga. (2) proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship melalui tiga jalur
yaitu pendidikan diniyah, pengajian kitab salaf dan lembaga ekonomi. (3) kyai, pengurus dan ustadh berperan dalam proses internaliasi nilai-nilai entrepreneurship, (4) tingkat keberhasilan nilai-nilai entrepreneurship maupun
visi entrepreneurship santri sesudah proses internalisasi masih perlu penyempurnaan lebih lanjut.
Proposisi penelitian ini adalah proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship santri yang dimotori kyai dengan dukungan pengurus dan ustadh di PPS Pasuruan dapat menghasilkan output santri yang entrepreneur dan
berimplikasi pada output yang entrepreneur dan dapat meningkatkan kemampuan financial pesantren.
Implikasi penelitian secara teoritis adalah proses internalisasi nilai-nilai entrepreneurship yang dilakukan di PPS Pasuruan dengan mengintegrasikan teori
dan praktik dan didukung lingkungan akan membawa hasil yang lebih baik.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (PhD) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Abd A'la | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Ekonomi Pesantren |
||||||
Keywords: | Nilai Kewirausahaan; Pesantren; Sidogiri | ||||||
Divisions: | Program Doktor > Ilmu Keislaman | ||||||
Depositing User: | Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Feb 2015 07:23 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2015 07:23 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/710 |
Actions (login required)
View Item |