This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mas'ullah, Siti (2024) Pengaruh kemampuan metakognisi dan kemampuan berpikir kritis matematis terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Siti Mas'ullah_06020420044.pdf Download (3MB) |
|
Text
Siti Mas'ullah_06020420044_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 2 July 2027. Download (3MB) |
Abstract
Metakognisi berperan bagi peserta didik dalam menyusun dan mengawasi proses kognitif sehingga menjadikan belajar menjadi lebih efektif. Kemampuan berpikir kritis berguna agar seseorang mampu mengatur, mengubah, menyesuaikan dan memperbaiki cara berpikirnya, sehingga keputusan yang diambil tepat. Kegiatan P5 akan dapat meningkatkan kinerja peserta didik ketika mereka mendiskusikan projek yang dikerjakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) ada tidaknya pengaruh kemampuan metakognisi secara parsial terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) (2) ada tidaknya pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis secara parsial terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) (3) ada tidaknya pengaruh kemampuan metakognisi dan kemampuan berpikir kritis matematis secara simultan terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode expost facto. Teknik pengambilan sampel menggunakan acak sederhana yaitu kelas XII F 9 sebanyak 36 siswa dan kelas XII F 10 sebanyak 33 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan instrumen angket, soal dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis data menghasilkan : (1) Adanya pengaruh kemampuan metakognisi secara parsial terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dilihat dari analisis regresi linear sederhana yang menunjukkan bahwa nilai t_hitung= 2,936 lebih dari t_tabel=1,994 dengan sig = 0,001 kurang dari 0,05 yang berarti bahwa terdapat pengaruh kemampuan metakognisi secara parsial terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) (2) Adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis secara parsial terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dilihat dari hasil uji statistik-t nilai t_hitung=3,834 lebih daripada t_tabel=1,994 dengan sig=0,001 lebih daripada taraf nyata 0,05 yang artinya terdapat pengaruh kemampuan berpikir kritis matematis secara parsial terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). (3) Adanya pengaruh kemampuan metakognisi dan kemampuan berpikir kritis matematis secara simultan terhadap hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) dilihat dari hasil uji statistik-f nilai f_hitung=24,574 lebih dari f_tabel=3,129 yang artinya terdapat pengaruh kemampuan metakognisi dan kemampuan berpikir kritis matematis secara simultan terhadap projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Metakognisi;b erpikir kritis; projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Siti Mas'ullah | ||||||||||||
Date Deposited: | 02 Jul 2024 07:33 | ||||||||||||
Last Modified: | 02 Jul 2024 07:33 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71063 |
Actions (login required)
View Item |