This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Adilah, Muqouwi Matul (2024) Analisis program kelas tambahan dalam meningkatkan keterampilan membaca di MI Al Hidayah Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Muqouwi Matul Adilah_06030720059 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Muqouwi Matul Adilah_06030720059 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 4 July 2027. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini didasarkan adanya permasalahan umum yang menunjukkan bahwa kualitas membaca di Indonesia sangat rendah. Dari permasalahan tersebut dibutuhkan adanya alternatif untuk meningkatkan keterampilan membaca. Peneliti melaksanakan penelitian terkait program kelas tambahan di MI Al Hidayah Surabaya untuk melakukan analisis secara menyeluruh terkait pelaksanaan program kelas tambahan. Tujuan dari penelitian : 1) Untuk mengetahui latar belakang diselenggarakannya kelas tambahan membaca di MI Al Hidayah Surabaya. 2) Untuk mengetahui keterampilan membaca siswa sebelum mengikuti kelas tambahan membaca di MI Al Hidayah Surabaya. 3) Untuk mengetahui faktor penyebab kurangnya keterampilan membaca siswa di MI Al Hidayah Surabaya. 4) Untuk mengetahui penerapan kelas tambahan membaca di MI Al Hidayah Surabaya. 5) Untuk mengetahui keterampilan membaca siswa setelah mengikuti kelas tambahan membaca di MI Al Hidayah Surabaya. 6) Untuk mengetahui efektifitas program kelas tambahan dalam meningkatkan keterampilan membaca di MI Al Hidayah Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan metode mixed method dengan desain campuran sekuensial eksploratori. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengikuti kelas tambahan membaca di MI Al Hidayah Surabaya sebanyak 6 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes praktik, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana dan uji t.Hasil Penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pandemi covid 19, kurangnya perhatian orang tua, dan kondisi ekonomi siswa menjadi latar belakang diadakanprogram kelas tambahan di MI Al Hidayah Surabaya. 2) Keterampilan membaca siswa sebelum mengikuti program kelas tambahan diantaranya adalah belum bisa membedakan huruf abjad, menggabungkan suku kata, membaca suku kata, serta masih kurang lancar dalam membaca. 3) Faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca siswa adalah kemampuan diri siswa, perhatian orang tua, dan faktor lingkungan siswa. 4) Implementasi program kelas tambahan dilakukan guru dengan menggunakan media, tetapi tidak menggunakan model atau strategi tertentu. 5) Keterampilan membaca siswa semakin meningkat, setelah mengikuti kelas tambahan, siswa mampu membedakan huruf abjad, menyusun suku kata, kata, membaca kata bahkan kalimat. 6) Program kelas tambahan secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di MI Al Hidayah Surabaya dibuktikan dengan hasil analisis uji regresi linear sederhana dengan nilai konsisten variabel sebesar 14,41 dan penambahan 1% nilai program kelas tambahan dapat meningkatkan keterampilan membaca sebesar 0,63. Dengan nilai signifikasi 0,32 < 0,05 dan hasil uji t hitung 3,23 > t tabel 1,943.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Bahasa Indonesia Indonesia Pendidikan > Minat Baca Pendidikan > Pendidikan Anak |
||||||||||||
Keywords: | Kelas Tambahan; Keterampilan; Membaca Permulaan | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||||||
Depositing User: | Muqouwi Matul Adilah | ||||||||||||
Date Deposited: | 04 Jul 2024 12:04 | ||||||||||||
Last Modified: | 04 Jul 2024 12:04 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71143 |
Actions (login required)
View Item |