Penggunaan media analog clock board dalam meningkatkan kemampuan membedakan waktu pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV MI Baiturrahman Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhanti, Salsabila Laili (2024) Penggunaan media analog clock board dalam meningkatkan kemampuan membedakan waktu pada mata pelajaran Bahasa Inggris di kelas IV MI Baiturrahman Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salsabila Laili Ramadhanti_06020720049.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Salsabila Laili Ramadhanti_06020720049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang tidak memahami dan merasa bingung saat menyatakan waktu dalam bahasa Inggris. Selain itu, pembelajaran terkesan kurang menarik dan membosankan karena guru tidak menerapkan strategi ataupun menggunakan media yang dapat mendorong siswa untuk menikmati kegiatan membaca. Oleh karena itu, guru dapat menggunakan media sebagai alat bantu pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan yakni media analog clock board. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran analog clock board dalam meningkatkan kemampuan membedakan waktu pada mata pelajaran bahasa Inggris materi telling time di kelas IV MI Baiturrahman Surabaya. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membedakan waktu setelah menggunakan media analog clock board pada mata pelajaran bahasa Inggris materi telling time di kelas IV MI Baiturrahman Surabaya.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B MI Baiturrahman Surabaya yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media analog clock board dalam meningkatkan kemampuan membedakan waktu pada mata pelajaran bahasa Inggris materi telling time sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 70 (cukup) meningkat menjadi 90 (sangat baik) pada siklus II. Sedangkan pada observasi aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 70 (cukup) menjadi meningkat 90 (sangat baik) pada siklus II. 2) Kemampuan membedakan waktu pada mata pelajaran bahasa Inggris materi telling time melalui media analog clock board mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase ketuntasan pada pra siklus yakni 11% (kurang), siklus I 61% (cukup), siklus II 93% (sangat baik). Penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil karena pada tiap siklusnya mengalami peningkatan dan telah mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan sehingga penelitian tindakan kelas ini cukup dilaksanakan hingga pada siklus II dan tidak perlu melakukan siklus selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhanti, Salsabila Lailisalsabilalr3@gmail.com06020720049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Bahribahri.musthofa007@gmail.com2022077302
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2010097301
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Bahasa Inggris; media analog clock board; kemampuan membedakan waktu
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Salsabila Laili Ramadhanti
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:06
Last Modified: 05 Jul 2024 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71243

Actions (login required)

View Item View Item