This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Az Zahro, Arizma Tsaniya (2024) Ananlisis kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya berpikir Konvergen dan Divergen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Arizma Tsaniya Az Zahro_0602042002 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 July 2027. Download (4MB) |
|
Text
Arizma Tsaniya Az Zahro_0602042002 OK.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu hal penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan representasi matematis. Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan peserta didik dalam memodelkan matematika yang abstrak ke bentuk yang lebih konkret. Bentuk interpretasi dari representasi matematis dapat berupa kata-kata atau kalimat, gambar, simbol, tabel, grafik atau benda konkrit lainnya. Kemampuan representasi matematis digunakan peserta didik untuk memahami serta menyelesaikan masalah matematika. Dalam menyelesaikan masalah matematika, setiap peserta didik memiliki cara yang berbeda salah satunya dipengaruhi oleh gaya berpikir. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan gaya berpikir konvergen dan divergen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri 5 Sidoarjo yang terdiri dari enam peserta didik dengan ketentuan tiga peserta didik dengan gaya berpikir konvergen dan tiga peserta didik dengan gaya berpikir divergen. Pengambilan subjek penelitian berdasarkan hasil tes gaya berpikir dan pertimbangan guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian dan wawancara. Hasil data tes uraian dan wawancara dideskripsikan dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peserta didik dengan gaya berpikir konvergen dalam menyelesaikan masalah matematika mampu memenuhi bentuk pencapaian indikator representasi simbolik, kurang mampu memenuhi bentuk pencapaian indikator representasi visual, dan tidak mampu memenuhi bentuk pencapaian indicator representasi verbal. (2) Peserta didik dengan gaya berpikir divergen dalam menyelesaikan masalah matematika mampu memenuhi bentuk pencapaian indikator representasi simbolik, kurang mampu memenuhi bentuk pencapaian indikator representasi visual dan verbal. (3) Terdapat perbedaan antara peserta didik dengan gaya berpikir konvergen dan divergen. Peserta didik dengan gaya berpikir konvergen tidak mampu menyelesaikan masalah menggunakan representasi verbal sedangkan peserta didik dengan gaya berpikir divergen kurang mampu menyelesaikan masalah menggunakan representasi verbal. Peserta didik dengan gaya berpikir divergen hanya mampu membuat situasi masalah dan menuliskan langkah-langkahnya saja, tidak mampu menjawab masalah dengan baik dan benar
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika | ||||||||||||
Keywords: | Kemampuan Representasi Matematis; Memecahkan Masalah; Konvergendan Divergen. | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Arizma Arizma Az-Zahro | ||||||||||||
Date Deposited: | 06 Jul 2024 07:59 | ||||||||||||
Last Modified: | 06 Jul 2024 07:59 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71327 |
Actions (login required)
View Item |