This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rohma, Miftakhul (2016) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SURAT-SURAT PENDEK MATA PELAJARAN QUR’AN HADITS MELALUI STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS III MI BAITUR ROHIM GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (273kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (930kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Miftakhul Rohma. 2016. Peningkatan Keterampilan Membaca Surat-Surat Pendek Mata Pelajaran Qur’an Hadits Melalui Strategi Practice-Rehearsal Pairs Pada Siswa Kelas III MI Baitur Rohim Gedangan Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kemampuan membaca surat-surat pendek siswa, yang disebabkan kurangnya inovasi dalam menggunakan strategi pembelajaran. Dari 28 siswa hanya 14 siswa (50%) yang tuntas sedangkan 14 siswa (50%) belum tuntas. Untuk meningkatkan kemampuan membaca tersebut, peneliti menggunakan strategi Practice-Rehearsal Pairs. Strategi ini bertujuan untuk meyakinkan masing-masing pasangan dapat melakukan ketrampilan dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui penerapan strategi Practice-Rehearsal Pairs dalam meningkatkan keterampilan membaca surat-surat pendek pada mata pelajaran Qur’an Hadits kelas III MI Baitur Rohim Gedangan Sidoarjo. 2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca surat-surat pendek siswa kelas III MI Baitur Rohim Gedangan Sidoarjo setelah mengunakan strategi Practice-Rehearsal Pair. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 siswa kelas III MI Baitur Rohim Gedangan Sidoarjo. Tindakan ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, penilaian unjuk kerja (Performance), dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Penerapan strategi Practice-Rehearsal Pairs pada mata pelajaran Qur’an Hadits ini berjalan dengan baik melalui perbaikan pada setiap siklus. Hal ini dikarenakan aktivitas siswa pada siklus I belum tercapai 76,34 (cukup), meskipun aktivitas guru pada siklus I sudah tercapai dengan skor 81,45 (baik). Pada siklus II, hasil aktivitas siswa meningkat menjadi 90,32 (sangat baik) dan hasil aktivitas guru meningkat menjadi 89,84 (sangat baik). 2) Peningkatan keterampilan membaca surat-surat pendek melalui strategi Practice-Rehearsal Pairs mampu meningkatkan keterampilan membaca siswa. Pada siklus I rata-rata kelas 73,89 baik (B) dan siklus II menjadi 90,04 sangat baik (SB). Peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa siklus I diperoleh persentase 68% (sedang) dan pada siklus II meningkat menjadi 89% (tinggi).
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Irfan Tamwifi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||
Keywords: | PTK; Strategi Practice-Rehearsal Pair; Keterampilan Membaca | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Hary Supriyatno | ||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2016 05:26 | ||||||
Last Modified: | 29 Jun 2016 05:26 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7133 |
Actions (login required)
View Item |