This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Mufit, Nur (2013) PENGEMBANGAN KEMAHIRAN BERBICARA ARAB MAHASISWA FAKULTAS ADAB IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA DALAM PERSPEKTIF STRATEGI BELAJAR BAHASA ASING. Penelitian Individu.
|
Text
excutive summaryNur Mufit.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Dominasi laki-laki dalam pemikiran dan segala aspek kehidupan menumbuhkan sikap kritis perempuan sehingga muncul gerakan feminisme. Pengkritisan terhadap peran publik dan domestik, posisi superior dan inferior, memunculkan gerakan feminisme yakni gerakan sekelompok perempuan menuntut kesetaraan gender. Teori SBB digunakan untuk melihat penggunaan SBB dalam pengembangan kemahiran berbicara Bahasa arab (BA), khususnya yang menyangkut jenis SBB dan penerapannya. Ancangan teori psikolinguistik digunakan untuk mengkaji wujud Bahasa dalam kemahiran berbicara yang terealisasikan pada kompleksitas kalimat dan kelancaran tuturan. Dengan Strategi Belajar Bahasa (SBB), seseorang dapat belajar lebih efektif, lebih menyenangkan, dan lebih mampu mengarahkan diri (self-directed). Upaya pembelajar untuk membelajarkan diri dipandang dapat memberikan kontribusi dalam mencapai keberhasilan pembelajaran.Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi jenis SBB yang digunakan plus pola penerapannya. Pola penerapan strategi mencakup bagaimana SBB digunakan, untuk apa digunakan, dalam konteks apa digunakan. Informasi tentang pola penerapan SBB dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kualitas belajar dan pembelajaran bahasa.Adapun metode yang digunakan adalah fenomenologi. Metode ini lebih menekankan pada pemahaman fenomena yang ada pada subjek penelitian. Dalam penelitian ini, fenomena yang dimaksudkan adalah dalam hal penggunaan SBB untuk mengembangkan kemahiran berbicara BA. Sesuai dengan focus penelitian ini, maka yang lebih diperhatikan adalah fenomena kemunculan jenis SBB dan penerapannya dalam pengembangan kemahiran berbicara BA.Hasil penelitian ini menemukan jenis Strategi Belajar bahasa (SBB) yang meliputi strategi memori (SEMEM) dan strategi kognitif (SEKOG). SEMEM merupakan SBB yang dioperasikan untuk memberdayakan memori dalam rangka mengingat, menyimpan dan memanggil kembali informasi atau materi bahasa. Ada empat subjenis SEMEM yang digunakan mahasiswa di dalam mengembangkan kemahiran berbicara BA yakni (1) menciptakan hubungan mental, (2) mengaplikasikan kesan dan bunyi, (3) mereview dengan baik dan, (4) melakukan aksi-tindak. SEKOG merupakan SBB yang dioperasikan untuk memanipulasi dan mentransformasikan bahasa target SEKOG termasuk dalam kategori strategi langsung (SELANG), yaitu kelompok SBB yang secara langsung melibatkan penggunaan bahasa. Dalam penelitian ditemukan empat subjenis SEKOG yaitu (a) memperaktikkan bahasa (b) terima dan kirim pesan (c) analisis dan menalar, dan (d) membuat struktur untuk masukan dan luaran.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Article | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Nur Mufit | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Bahasa Arab | ||||||
Keywords: | Kemahiran Berbicara Bahasa Arab; Strategi Belajar Bahasa | ||||||
Divisions: | Karya Ilmiah > Laporan Penelitian | ||||||
Depositing User: | Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2016 04:17 | ||||||
Last Modified: | 29 Jun 2016 04:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7135 |
Actions (login required)
View Item |