Program kecakapan penerapan ibadah (KPI) sebagai aktualisasi pembinaan akhlak dan ibadah siswa di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faradilla, Aldita Khumairoh (2024) Program kecakapan penerapan ibadah (KPI) sebagai aktualisasi pembinaan akhlak dan ibadah siswa di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aldita Khumairoh Faradilla_06010120002 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aldita Khumairoh Faradilla_06010120002 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Program Kecakapan Peneran Ibadah (KPI) adalah program tentang Ibadah Madhah yang mencakup tata cara sholat, bersuci dan ibadah lainnya. Untuk membentuk akhlak dan ibadah peserta didik melalui yang di hafalan dan di praktek. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini adalah 1) implementasi program kecakapan penerapan ibadah sebagai aktualisasi pembinaan akhlak dan ibadah siswa dengan dua poin yaitu pertama persiapan guru dalam melaksanakan kegiatan program KPI pada era disrupsi ini sangat penting dan khususnya guru pembimbing KPI sudah dibekali oleh Yayasan yaitu berupa pelatihan dan buku panduan KPI , guru juga dituntut menerangkan secara jelas agar mudah difahami oleh oleh siswa, kedua yaitu kemampuan siswa pada zaman sekarang berbeda beda dalam menangkap penyampaian yang diterangkan oleh guru KPI ada yang mudah memahami dan ada yang sulit untuk memahami. 2) Tantangan yang dihadapi Oleh Guru PAI dalam Menerapkan Program Kecakapan Penerapan Ibadah Pada Era Disrupsi yaitu masih ditemukan guru yang menerima hafalan KPI anak anak tidak 100% menghadap anak anak dan sibuk bermain gawai sehingga hafalan siswa dan siswi tidak di dengar dan dicermati secara benar, hal tersebut menyebabkan hafalan siswa siswi menjadi hafalan yang asal asalan saja yang penting mereka sudah menyetorkan hafalan. 3) kelebihan dan kekurangan program KPI ini dengan dua poin utama yaitu pertama kelebihan dari program KPI ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya dapat menumbuhkan akhlak dan ibadah siswa, membantu untuk meningkatkan kemampuan anak anak dalam praktek ibadah dan peningkatan akhlak, Program KPI ini sudah terprogram dengan baik yang diawasi langsung oleh Yayasan, dua Kekurangan dari program KPI pada era Disrupsi saat ini yaitu hilangnya motivasi belajar anak karena generasi pada saat ini berhadapan dengan era digital sehingga mereka melupakan atau menyepelekan kewajiban kewajiban yang harus dilakukan sebagai pelajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faradilla, Aldita Khumairohalditakhumairohfaradilla@gmail.com06010120002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuqit, Abd.h.abd.muqit@gmail.com2012036802
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Akhlak
Adab
Ibadah
Keywords: Program KPI; Pembinaan Akhlak dan Ibadah; Era Disrupsi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aldita Khumairoh Faradilla
Date Deposited: 07 Jul 2024 14:52
Last Modified: 07 Jul 2024 14:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71370

Actions (login required)

View Item View Item