Penerapan kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAO di kelas XI SMAN 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mubarrok, Mohammad Ikhmal (2024) Penerapan kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAO di kelas XI SMAN 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Ikhmal Mubarrok_06040120090 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Mohammad Ikhmal Mubarrok_06040120090 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan merupakan suatu langkah penting yang menentukan kualitas sumber daya manusia dan faktor kemajuan bangsa, karena dari proses pendidikan bisa menumbuhkan ide-ide yang kreatif dan inovasi terbru dalam mengikuti dinamika perkembangan zaman. Melihat sejarah pendidikan di Indonesia kurikulum pada pendidikan nasional telah mengalami banyak perubahan semenjak tahun 1945, yakni pada tahun: 1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006, 2013, dan kurikulum merdeka. SMAN 15 Surabaya pada 2 tahun terakhir ini sudah menerapkan kurikulum merdeka, dengan di kelas X dan XI menggunakan kurikulum merdeka dan XII masih menggunakan kurikulum 2013.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggambarkan proses dari waktu ke waktu tanpa rekayasa peneliti untuk menghasilkan data deskriptif dari orang-orang yang perlu diamati. Menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif memungkinkan untuk dilakukannya analisis induktif yang berorientasi pada eksplorasi, penemuan dan logika induktif untuk menemukan teori yang bersumber pada pola-pola dan kenyataan yang terjadi sesungguhnya.Pada hasil penelitian ini menjelaskan tentang kebijakan-kebijakan dari SMAN 15 Surabaya dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaran PAI berbasis kurikulum merdeka di kelas XI. Adapun dalam perencanaanya SMAN 15 melakukan rapat yang dilakukan setiap menjelang tahun ajaran dan dengan memberikan batasan waktu dalam pembuatan sebuah perangkat pembelajaran, itu semua dilakukan dalam naungan dari MGMP yang mana perannya disini sebagai kunci berjalannya pembelajaran di SMAN 15. Sebelum guru-guru SMAN 15 merancang perangkat pembelajaran dari pihak MGMP membagi beberapa tim diantaranya ada yang bertugas sebagai penelaah, pembuat soal, pembuat perangkat K13, perangkat kurmer, dan lain-lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mubarrok, Mohammad Ikhmalmubarrok223@gmail.com06040120090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorYa'cub, Mihmidatymihmidaty@gmail.com0011095909
Subjects: Agama
Islam
Pendidikan
Keywords: Kurikulum; Kurikulum Merdeka; PAI; SMAN 15 Surabaya.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohammad Ikhmal Mubarrok
Date Deposited: 08 Jul 2024 01:04
Last Modified: 08 Jul 2024 01:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71382

Actions (login required)

View Item View Item