Peningkatan Pemahaman tentang Peranan Indonesia dalam Asean Melalui Metode Gallery Walk di Kelas VI MIN Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Desianto, Ria Sidiq Diyah (2016) Peningkatan Pemahaman tentang Peranan Indonesia dalam Asean Melalui Metode Gallery Walk di Kelas VI MIN Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (728kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (706kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas VI MIN Buduran Sidoarjo pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan tentang Peranan Indonesia dalam ASEAN. Dari data yang diperoleh banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan, yaitu ≥ 79. Jika diprosentase dari 100%, hanya 40% siswa yang mencapai KKM. Jadi dari 46 orang siswa, hanya 18 orang siswa yang mencapai KKM. Hal ini dikarenakan guru kurang inovatif dalam menggunakan metode pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengambil tindakan menggunakan metode gallery walk dalam penelitian ini. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran gallery walk untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang Peranan Indonesia dalam ASEAN di kelas VI MIN Buduran Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa tentang Peranan Indonesia dalam ASEAN dengan menerapkan metode pembelajaran gallery walk di kelas VI MIN Buduran Sidoarjo? Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Penerapan metode gallery walk dilaksanakan dengan baik melalui perbaikan- perbaikan pada tiap siklusnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru pada siklus I adalah 85,71% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92,85%. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I adalah 74,60% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 82,53%. 2) Terjadi peningkatan pemahaman siswa tentang Peranan Indonesia dalam ASEAN dengan menerapkan metode pembelajaran gallery walk di kelas VI MIN Buduran Sidoarjo. Hasil pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pada pemahaman peserta didik. Pada tes awal (pre test) mencapai rata-rata 27,74. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I meningkat menjadi 49,63 dengan prosentase ketuntasan belajar 22% dan pada siklus II meningkat kembali menjadi 80,39 dengan prosentase ketuntasan belajar 75%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Zudan Rosyidi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Desianto, Ria Sidiq Diyahdoublefilovers@yahoo.comD77212090
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyidi, Zudanzurosidi@yahoo.co.id2023038101
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Pemahaman; Peranan Indonesia dalam ASEAN; Metode Pembelajaran Gallery Walk
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hary Supriyatno
Date Deposited: 29 Jun 2016 05:32
Last Modified: 11 Nov 2019 04:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7140

Actions (login required)

View Item View Item