This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Novianti, Ika (2016) Peningkatan pemahaman materi melengkapi cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui strategi Guided Note Taking pada siswa Kelas IV MI Ma'arif Randegansari Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (776kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (427kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah permasalah terhadap rendahnya pemahaman materi melengkapi cerita pada siswa kelas IV MI Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik yang disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang kurang menarik dan kurang melibatkan siswa. Sehingga perlu adanya penerapan strategi yang menarik dan dapat melibatkan siswa secara aktif. Strategi Guided Note Taking adalah strategi yang diterapkan melalui proses membaca, menyimak, menghafal dan memahami informasi yang kemudian dituangkan dalam tulisan. Penggunaan strategi Guided Note Taking ini diharapkan dapat melibatkan kegiatan siswa secara aktif. Rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana pemahaman siswa pada materi melengkapi cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Ma’arif Randegansari sebelum diterapkan strategi Guided Note Taking? (2) Bagaimana penerapan strategi Guided Note Taking dalam rangka meningkatkan pemahaman pada materi melengkapi cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV MI Ma’arif Randeganasari? (3) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa kelas IV MI Ma’arif Randegansari pada materi melengkapi cerita mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkan strategi Guided Note Taking?. Metode penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). PTK ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus akan dihentikan jika target indikator kinerja yang ditentukan telah tercapai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Randegansari Driyorejo Gresik dengan jumlah 33 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Nilai siswa pada ulangan harian (pra siklus) materi melengkapi cerita diperoleh nilai rata-rata 68 dan ketuntasan klasikalnya 39%, rata-rata tersebut masih berada dibawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 78. Hasil penelitian menunjukkan strategi Guided Note Taking dalam pembelajaran materi melengkapi cerita dapat diterapkan dengan baik oleh peneliti dan memberi dampak terhadap meningkatnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil observasi aktivitas guru siklus I memperoleh skor akhir 73,8 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,5. Hasil observasi aktivitas siswa siklus I memperoleh skor akhir 73 dan meningkat pada siklus II menjadi 93. Rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada siklus I adalah 77 dan meningkat pada siklus II menjadi 88. Persentase ketuntasan klasikal pada siklus I adalah 51,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 91%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar |
||||||||
Keywords: | Pemahaman belajar Bahasa Indonesia; Strategi Guided Note Taking | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | S.Pd.I Mas Likhan | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2016 05:18 | ||||||||
Last Modified: | 03 Apr 2020 07:13 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7149 |
Actions (login required)
View Item |