This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Oktavianis, Nur Richa (2016) Peningkatan kemampuan memahami tata cara ibadah haji menggunakan metode NHT : Numbered Head Together kelas V MINU Waru 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (759kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (371kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kurang kreatifnya guru dalam mendesain pembelajaran yang dilakukan sehingga membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Penguasaan serta pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan guru lemah dalam mata pelajaran Fiqih khususnya materi Tata Cara Ibadah Haji. Karena selama ini siswa hanya diberi pembelajaran dengan metode yang monoton dan konvensional saja, sehingga berdampak dari pemahaman siswa menurun. Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan metode pembelajaran yang efektif, kreatif dan inovatif. Metode NHT (Numbered Heads Together) sebagai salah satu metode yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa akan lebih efektif dan menyenangkan, sehingga diharapkan dengan adanya penerapan metode NHT (Numbered Heads Together) dalam mata pelajaran Fiqih materi Tata Cara Ibadah Haji mampu meningkatkan pemahaman siswa.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan Metode NHT (Numbered Head Together) pada mata pelajaran Fiqih materi Tata Cara Ibadah Haji kelas V di MINU Waru 1 Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan pemahaman siswa kelas V MINU Waru 1 Sidoarjo pada mata pelajaran Fiqih materi Tata Cara Ibadah Haji melalui Metode NHT (Numbered Head Together) ?
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MINU Waru 1 Sidoarjo pada mata pelajaran Fiqih materi Tata Cara Ibadah Haji. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan siswa terhadap materi mencapai 80% dari tujuan yang seharusnya dicapai, yaitu dengan nilai KKM 80.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan Metode NHT (Numbered Head Together) pada pembelajaran Fiqih materi tata cara ibadah haji siswa kelas V MINU Waru I Sidoarjo telah dilaksanakan dan mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Kenaikan rata-rata kelas dari prasiklus 49 menjadi 71 pada siklus I dan ke siklus II sebesar 86 tingkat, ketuntasan dari prasiklus sebanyak 3 siswa atau sebesar 12% siswa yang tuntas, siklus I sebanyak 14 siswa atau sebesar 56% siswa yang tuntas, siklus II semakin meningkat menajdi 96% siswa yang tuntas yaitu 24 siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | Badaruddin | ||||||||
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Metode |
||||||||
Keywords: | Kemampuan Memahami; Tata Cara Ibadah Haji; Metode NHT; Numbered Head Together | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | siti nur kholifah | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jun 2016 05:34 | ||||||||
Last Modified: | 29 Nov 2019 08:46 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7152 |
Actions (login required)
View Item |