This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Sari, Rita Normala (2024) Penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan Aplikasi TikTok untuk meningkatkan pemahaman Matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rita Normala Sari _06040420069 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 15 July 2027. Download (5MB) |
|
Text
Rita Normala Sari _06040420069 OK.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran, aktivitas siswa selama penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi TikTok, respons siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan mengetahui peningkatan pemahaman matematika siswa setelah diterapkannya pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi TikTok. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu atau biasa disebut Quasi Eksperimen menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian one group pre-test post-test. Subyek penelitian pada penelitian ini adalah kelas X MIA MA Darussalam Ketandan Madiun yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi kemampuan guru menerapkan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar tes kemampuan pemahaman matematika siswa, dan lembar angket respons siswa. Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas, Uji Wilcoxon, uji N-Gain ternormalisasi. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kegiatan observasi kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi tiktok untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa termasuk dalam kategori baik. 2) Aktivitas siswa selama proses pembelajaran termasuk dalam aktivitas positif. 3) Respons siswa terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan aplikasi TikTok untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa termasuk dalam kriteria baik. 4) Kemampuan pemahaman matematika siswa mengalami peningkatan sedang.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Pembelajaran Berdiferensiasi; Aplikasi TikTok; Pemahaman Matematika Siswa | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Rita Normala Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2024 04:20 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Jul 2024 14:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71752 |
Actions (login required)
View Item |