فعالية تطبيق نموذج التعلم VAK القائم على Index Card Match لترقية مهارة الاستماع والكلام لدى الطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية ٣ سيدوارجو.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Octavia, Nur Aini (2024) فعالية تطبيق نموذج التعلم VAK القائم على Index Card Match لترقية مهارة الاستماع والكلام لدى الطلاب الصف الثامن في المدرسة المتوسطة الاسلامية الحكومية ٣ سيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aini Octavia_06020220052 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Nur Aini Octavia_06020220052 OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alasan dipilihnya MTsN 3 Sidoarjo sebagai tempat penelitian, sebab peneliti menemukan permasalahan pada siswa kelas 8 yaitu : kesulitan siswa dalam menyimak serta kesulitan dalam berbicara bahasa arab yang baik dan benar. Peneliti mengetahui hal tersebut melalui observasi awal terhadap proses pembelajaran bahasa Arab, selain itu tidak semua siswa kelas 8 di MTsN 3 Sidoarjo
merupakan anak pesantren dan lulusan MI. Pada MTsN 3 Sidoarjo tidak semua siswa bisa membawa
gadget sebab sebagian dari mereka adalah anak pesantren. Pada penelitian ini membahas tentang Efektifitas Penerapan Model Pembelajaran VAK Berbasis Index Card Match Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ wal kalam Siswa Kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut : 1. Bagaimana keterampilan maharah istima’ pada siswa kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo ? 2. Bagaimana keterampilan maharah kalam pada siswa kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo ? 3. Bagaimana penerapan model pembelajaran VAK berbasis index card match untuk meningkatkan maharah istima’ wal kalam pada siswa kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo ? 4. Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran VAK berbasis index card match untuk meningkatkan maharah istima’ siswa kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo ? 5. Bagaimana efektivitas penerapan model pembelajaran VAK berbasis index card match untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo ? Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 34 siswa dari kelas 8D. Hasil penelitian ini, 1. Keterampilan istima’ wal kalam pada siswa kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo kurang, 2. Penerapan Model Pembelajaran VAK Berbasis Index Card Match Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ Wal Kalam Siswa Kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo terlaksana dengan baik 92%. 3. Uji-t . penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran VAK Berbasis Index Card Match Untuk Meningkatkan Maharah Istima’ wal Kalam Siswa kelas 8 MTsN 3 Sidoarjo efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Octavia, Nur Aininurainiocta.03@gmail.com06020220052
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyarifah, Ainunainunsyarifah@uinsby.ac.id2012067802
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Metode
Keywords: Model pembelajaran; VAK; Index Card Match
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Nuraini Octavia
Date Deposited: 15 Jul 2024 03:28
Last Modified: 15 Jul 2024 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71753

Actions (login required)

View Item View Item