This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Unsurni, Yayuk (2009) Pengaruh penerapan metode belajar Resource Based Learning terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa pada bidang studi PAI Kelas IX di SMP Negeri 2 Kalitidu Bojonegoro. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cover.pdf Download (655kB) |
||
|
Text
bab 1.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text
bab 4.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Seiring perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasiyang berkembang sangat cepat. Maka diperlukan pemikiran kritis, mandiri, dan keterampilan tinggi di segala bidang. Untuk itu, tuntutan terhadap pendidikan di Indonesia untuk menghasilkan out put yang memiliki potensi berfikir kritis dan mandiri juga semakin tinggi. Oleh karena itu siswa harus mulai dilatih bersibuk diri secara mandiri. Metode belajar Resource Based Learning adalah salah satu cara yang dapat di gunakan untuk menjadikan siswa mampu belajar secara mandiri. Metode ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk belajar menemukan sendiri sumber belajar yang sesuai dengan materi pelajaran yang dipelajari.
Dalam skripsi ini yang menjadi rumusan masalah adalah: 1). Bagaimana penerapan metode belajar Resource Based Learning pada bidang studi PAI kelas IX di SMP Negeri 2 Kalitidu Bojonegoro, 2). Bagaimana kemandirian belajar siswa pada bidang studi PAI kelas IX di SMP Negeri 2 Kalitidu Bojonegoro, 3). Adakah pengaruh antara penerapan metode belajar Resource Based Learning terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa pada bidang studi PAI kelas IX di SMP Negeri 2 Kalitidu Bojonegoro. Untuk menjawab rumusan masalah pertama dan kedua penulis menggunakan rumus prosentase, sedangkan rumusan ketiga menggunakan teknik analisis data statistik dengan rumus product moment. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan metode belajar Resource Based Learning tergolong baik dengan hasil 75,62% dan kemandirian belajar siswa pada bidang studi PAI dengan hasil 79,68% juga tergolong baik. Sedangkan adanya pengaruh penerapan metode belajar Resource Based Learning dibuktikan dengan analisis data dengan hasil 0,609 yang tergolong dalam kategori cukup atau sedang, sebagaimana terdapat dalam daftar table interpretasi r product moment yaitu antara 0,40- 0,70.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Metode |
||||||
Keywords: | Metode belajar; resource based learning | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 04 Oct 2018 06:09 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7189 |
Actions (login required)
View Item |