This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hamidah, Ummi (2024) Keterkaitan Self Efficacy dan Self Regulated Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ummi Hamidah_06010420017 OK.pdf Download (4MB) |
|
Text
Ummi Hamidah_06010420017 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 17 July 2027. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung yang signifikan antara self efficacy dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada pembelajaran matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian non eksperimen adalah penelitian tanpa melakukan eksperimen atau percobaan. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X sebanyak 108 siswa dengan melakukan penyebaran angket, tes kemampuan pemecahan masalah, dan nilai hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) dengan tahapan pengolahan data, penyajian data, model pengukuran, dan model struktural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan t statistik 3.039 > 1.985 dan p-value 0.002 < 0.05. 2) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan t statistik 11.597 > 1.985 dan p-value 0.000 < 0.05. 3) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar dengan t statistik 2.910 > 1.985 dan p-value 0.004 < 0.05. 4) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan self regulated learning terhadap hasil belajar dengan t statistik 8.759 > 1.985 dan p-value 0.000 < 0.05. 5) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar dengan t statistik 3.533 > 1.985 dan p-value 0.000 < 0.05. 6) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan self efficacy terhadap hasil belajar melalui kemampuan pemecahan masalah dengan t statistik 2.156 > 1.985 dan p-value 0.031 < 0.05. 7) Terdapat pengaruh tidak langsung yang signifikan self regulated learning terhadap hasil belajar melalui kemampuan pemecahan masalah dengan t statistik 3.414 > 1.985 dan p-value 0.001 < 0.05. 8) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan self efficacy dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar dengan kesesuaian model SRMR 0.050 < 0.080, chi-square 121.392, dan NFI 0.913 > 0.900 sehingga terdapat keterkaitan self efficacy dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar pada pembelajaran matematika.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Pembelajaran Psikologi > Self Regulated Learning Anak > Kepribadian |
||||||||||||
Keywords: | Hasil belajar; Matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Ummi Hamidah | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2024 08:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 Jul 2024 08:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71921 |
Actions (login required)
View Item |