Pengembangan perangkat pembelajaran e-modul berbantuan aplikasi Cabri 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Etika Chandra (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran e-modul berbantuan aplikasi Cabri 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Etika Chandra Dewi_06030420049.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Etika Chandra Dewi_06030420049_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 2 September 2027.

Download (7MB)

Abstract

Kegagalan dalam pembelajaran matematika dapat disebabkan oleh ketidakmampuan siswa dalam memahami konsep-konsep matematika. Kesalahan konsep tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya penggunaan perangkat pembelajaran yang mendukung. Berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi mengharuskan guru untuk cermat memilih media pembelajaran yang dapat membantu siswa memahami konsep matematika yang abstrak menjadi lebih konkrit. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran e-modul berbantuan aplikasi Cabri 3D untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan hipotesis skor akhir yang diperoleh adalah tingkat pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan tingkat pemahaman konsep matematis siswa kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu : tahap analisis, tahap perencanaan, tahap pengembangan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Waru pada kelas VII-B sejumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sejumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan datanya yaitu catatan lapangan, angket validasi, angket respons siswa, dan tes. Setelah data tersebut diperoleh, data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap analisis memperoleh informasi bahwa dibutuhkan inovasi pembelajaran yang lebih interaktif dengan penggunaan media pembelajaran yang menarik, sebagian besar siswa mengalami masalah pada pemahaman konsep matematis, kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum merdeka, dan penggunaan berbagai macam media seperti Canva, microsoft word, microsoft powerpoint, lifeworksheet, dan flipbook untuk mengembangkan e-modul. Pada tahap perencanaan didapatkan rancangan konseptual untuk komponen dan materi yang sesuai dengan kurikulum merdeka, serta rancangan instrumen penelitian. Pada tahap pengembangan didapatkan perangkat pembelajaran berupa e-modul yang divalidasi dan direvisi sesuai dengan saran dan komentar dari ahli media dan ahli materi. Pada tahap penerapan peneliti menerapkan perangkat pembelajaran e-modul berbantuan aplikasi Cabri 3D pada kelas VII-B SMP Negeri 2 Waru. Tahap evaluasi, peneliti melakukan penilaian dan evaluasi seberapa valid, praktis, dan efektif perangkat yang telah dibuat. (2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata-rata skor kevalidan e-modul sebesar 4.2 berdasarkan penilaian ahli materi dan 4,5 berdasarkan penilaian ahli media. (3) perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” dengan respons siswa sebesar 92% sehingga bisa dikategorikan “sangat positif”. (4) perangkat pembelajaran dinyatakan “efektif” untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai n-gain sebesar 4,39.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Etika Chandrachandra.dewi280402@gmail.com06030420049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: E-Modul; Cabri 3D; pemahaman konsep matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Etika Chandra Dewi
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:52
Last Modified: 02 Sep 2024 07:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71934

Actions (login required)

View Item View Item