This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hidayah, Yulie Tahmilul (2009) Pengaruh implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses terhadap pembelajaran bidang studi Fikih di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalipare Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (554kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3 - pustaka.pdf Download (204kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul Pengaruh Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN)Kalipare Kabupaten Malang , adapun motif dari penulisan skripsi ini adalah adanya kenyataan di sekolah bahwa kebanyakan guru mengajarkan pelajaran agama Islam dengan metode ceramah, dengan harapan siswa dapat menerima dan memahami materi ajarnya dari ceramahnya tersebut, sehingga siswa dipaksa untuk menjadi pendengar setia dan pasif. Dari sinilah penulis termotivasi untuk ingin tahu sisi lain dari kenyataan diatas, ternyata ada sekolah yaitu di MIN Kalipare Malang yang menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran agama Islam, dengan harapan siswa aktif untuk mencari informasi sendiri. Oleh karena itu penulis juga ingin tahu Pengaruh Implementasi Pendekatan Ketrampilan Proses Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalipare Kabupaten Malang.
Oleh karena itu, penulis berusaha mengadakan penelitian mengenai hal tersebut dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1.Bagaimana tinjauan tentang pedekatan keterampilan proses? 2.Bagaimana tinjauan tentang pembelajaran agama Islam? 3.Apakah ada pengaruh implementasi pedekatan keterampilan proses terhadap pembelajaran agama Islam, jika ada, sejauhmana pengaruhnya? Merujuk pada permasalahan di atas, maka penelitian ini termasuk jenis penelitian analisis kuantitatif. Adapun metode yang penulis gunakan untuk mengumpulkan data adalah dokumenter, interview, observasi lapangan dan angket. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi pedekatan keterampilan proses terhadap pembelajaran agama Islam. Dan hasil dari penelitian yang penulis peroleh sementara ini bahwa pengaruh implementasi pedekatan keterampilan proses terhadap pembelajaran agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Kalipare Kabupaten Malang cukup baik
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Ketrampilan proses; Fikih | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 30 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 04 Oct 2018 06:15 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7204 |
Actions (login required)
View Item |