This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Zakiyah, Ghina Yumna (2024) Analisis proses pemecahan masalah Matematis berdasarkan pendekatan Onto Semiotik ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Ghina Yumna Zakiyah_06020420028 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ghina Yumna Zakiyah_06020420028 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 23 July 2027. Download (7MB) |
Abstract
Proses pemecahan masalah dalam pendekatan onto semiotik yaitu proses pemecahan soal non rutin dengan menggunakan pendekatan yang memerhatikan makna dari objek matematika yaitu situasi masalah, bahasa, konsep, proposisi, prosedur dan argumen. Terdapat tiga langkah pemecahan masalah menurut pendekatan onto semiotik yaitu: a) Mengidentifikasi masalah dan rencana pemecahan, b) mendeskripsikan pemecahan secara matematis, dan c) menyimpulkan hasil akhir pemecahan. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan deskripsi mengenai proses siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematis berdasarkan pendekatan onto semiotik. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan 9 siswa yang dikategorikan berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pemecahan masalah matematis dan wawancara. Hasil data kemudian dianalisis menggunakan indikator proses pemecahan masalah berdasarkan pendekatan onto semiotik. Tahapan proses pemecahan masalah berdasarkan Vicenc Font dan pendekatan onto semiotik yang diamati berdasarkan Juan D. Godino. Hasil yang diperoleh sebagai berikut: a) Siswa berkemampuan tinggi mampu Mengidentifikasi Masalah dan Rencana Pemecahan dan merancang strategi pemecahan, memahami soal dan mengubahnya menjadi persamaan matematika, menentukan konsep matematika, contoh, dan bukan contoh, menjelaskan definisi rumus dan alasan pemilihannya, memeriksa kembali jawaban, menjelaskan kesimpulan akhir dengan yakin. b) Siswa berkemampuan sedang mampu Mengidentifikasi Masalah dan Rencana Pemecahan, merancang strategi, memahami soal, dan mengubahnya menjadi persamaan matematika, menjelaskan definisi rumus dan alasan pemilihannya, menjelaskan kesimpulan akhir. Namun, kurang mampu menentukan konsep matematika, contoh, dan bukan contoh, jarang memeriksa kembali jawaban, kurang yakin dengan langkah dan perhitungan pemecahan masalah. c) Siswa berkemampuan rendah mampu memahami gambar soal, merancang strategi, dan menjelaskan langkah-langkah pemecahan, menjelaskan kesimpulan akhir. Namun, tidak mampu menentukan konsep matematika, contoh, dan bukan contoh, tidak dapat menyatakan soal dalam bentuk persamaan matematika, tidak mampu menjelaskan definisi rumus dan alasan pemilihannya, tidak memeriksa kembali jawaban, kurang yakin dengan langkah dan perhitungan pemecahan masalah.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Agama dan Ilmu Pengetahuan | ||||||||||||
Keywords: | Pemecahan masalah; pendekatan onto semiotik; kemampuan matematika | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Ghina Yumna Zakiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Jul 2024 08:26 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Jul 2024 08:26 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72045 |
Actions (login required)
View Item |