This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rica, Imelda Amalia (2024) Peran export center Surabaya dan international trade promotion center Jeddah Arab Saudi dalam meningkatkan ekspor produk makanan olahan usaha kecil menengah Provinsi Jawa Timur tahun 2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Imelda Amalia Rica_I72219042 full.pdf Restricted to Repository staff only until 29 July 2027. Download (2MB) |
|
Text
Imelda Amalia Rica_I72219042.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini mambahas tentang peran Export Center Surabaya dengan ITPC Jeddah dalam meningkatkan ekspor produk makanan olahan usaha kecil menengah Provinsi Jawa Timur. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan penelusuran data online. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model interaksionis menurut Miles & Huberman. Berdasarkan data yang diperoleh melalui wawancara, diketahui bahwa ECS melakukan tiga peran penting dalam upaya meningkatkan ekspor produk makanan olahan pada usaha kecil menengah CV Bolu Ketan Mendut, CV Aurasufa, CV Indigo Sejahtera, dan UD Omaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran ECS ini meliputi; 1) memberikan pendampingan konsultasi one stop service secara online/offline dengan melakukan analisis yang mendalam terhadap produk, evaluasi kualitas produk, dan potensi pasar. Tidak hanya itu, ECS juga memberikan rekomendasi yang tepat agar produk sesuai dengan selera pasar Arab Saudi. Lalu, ECS juga melakukan kolaborasi dengan ITPC Jeddah untuk membangun jaringan kemitraan dengan distributor lokal. Selanjutnya adalah pemberian pelatihan mengenai manajemen supply chain, manajemen keuangan, dan strategi pricing yang kompetitif ; 2) ECS dan ITPC Jeddah memfasilitasi promosi dagang kepada UKM tersebut diatas dengan program business matching dan promosi online melalui InaExport ; 3) ECS dan ITPC memberikan informasi kepada UKM tersebut diatas dengan melalui kegiatan sosialisasi dan workshop yang dapat diakses secara online.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pemasaran Pedagang |
||||||||
Keywords: | Export center Surabaya; international trade promotion; Jeddah Arab Saudi; produk makanan olahan; usaha kecil | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional | ||||||||
Depositing User: | Imelda Amalia Rica | ||||||||
Date Deposited: | 29 Jul 2024 07:37 | ||||||||
Last Modified: | 29 Jul 2024 07:38 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72301 |
Actions (login required)
View Item |