Analisis pendapatan dalam prespektif pedagang alat tukang di balik adanya fenomena belanja online: studi kasus pada pedagang alat tukang di Pasar Loak Dupak Rukun Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Siti (2024) Analisis pendapatan dalam prespektif pedagang alat tukang di balik adanya fenomena belanja online: studi kasus pada pedagang alat tukang di Pasar Loak Dupak Rukun Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Hanifah_08010220034 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 October 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Siti Hanifah_08010220034.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendapatan merupakan komponen yang sangat penting dan juga merupakan faktor kelangsungan hidup sebuah usaha yang dijalankan. Seorang pedagang akan melakukan segala macam ide-ide strategi dan inovasi guna mendapatkan pendapatan usaha yang semakin meningkat. Saat ini banyak pedagang yang bergabung pada e-commerce atau perdagangan elektronik agar dapat meningkatkan pendapatan, tetapi ada juga pedagang yang masih mempertahankan perdagangan tradisional, yang mengakibatkan pasar tradisional sepi pengunjung dan berdampak pada pendapatan yang semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan dalam perspektif pedagang alat tukang di Pasar Loak Dupak Rukun dengan adanya fenomena belanja online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dengan munculnya tren belanja online, para pedagang tradisional merasa bahwa pendapatan mereka di pasar tersebut mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwa perdagangan tradisional di pasar offline seperti Pasar Loak Dupak Rukun mulai merasakan tekanan dari perubahan perilaku konsumen yang beralih ke belanja online. Menurut persepsi mereka, Banyak masyarakat yang lebih memilih berbelanja secara online karena dianggap lebih efektif. akibatnya perpindahan perilaku konsumen ke belanja online menyebabkan penurunan jumlah pengunjung dan pembeli di pasar yang tentunya berdampak pada pendapatan para pedagang. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada para pedagang agar dapat menjalankan kerjasama atau kolaborasi dengan platform belanja online untuk memperluas jangkauan pasar mereka. Melalui kerjasama ini mereka dapat memanfaatkan infrastruktur dan teknologi yang dimiliki platform tersebut. Penelitian ini memberikan rekomendasi juga kepada Pemerintah agar dapat memberikan pelatihan dan pendidikan mengenai penggunaan teknologi digital kepada pedagang tradisional. Program ini dapat mencakup pelatihan penggunaan smartphone, cara membuka dan mengelola toko online serta strategi pemasaran digital.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Siti08010220034@student.uinsby.ac.id08010220034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJannah, Binti Shofiatulbinti.shofiatul@uinsa.ac.id199007292019032022
Subjects: Jual Beli
Pedagang
Wirausaha
Keywords: Pendapatan; usaha; belanja online; Pasar Tradisional
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Siti Hanifah
Date Deposited: 04 Oct 2024 07:16
Last Modified: 04 Oct 2024 07:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72434

Actions (login required)

View Item View Item