This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Supriati, Deviani (2024) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model project based learning terintegrasi STEM untuk melatihkan kemampuan literasi numerasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Deviani Supriati_06040420054 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Deviani Supriati_06040420054 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 31 July 2027. Download (9MB) |
Abstract
Model Projet Based Learning (PjBL) terintegrasi STEM merupakan model pembelajaran yang inovatif dan holistik, di mana siswa belajar dengan cara mengerjakan proyek yang berfokus pada pemecahan masalah dunia nyata yang relevan dengan bidang Sains (Science), Teknologi (Technology), Teknik (Engineering), dan Matematika (Mathematics). Dalam model ini, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga menerapkan pengetahuan dan keterampilan STEM mereka untuk merancang, mengembangkan, dan menguji solusi untuk masalah yang ada. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini yakni untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model PjBL terintegrasi STEM agar menjadi perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan literasi numerasi. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa modul ajar dan LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) )yang mengacu pada pengintegrasian STEM. Jenis penelitian ini yakni penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelititan ini diterapkan kepada siswa kelas X-5 di SMAN 1 Gedangan dengan 35 peserta didik. data dikumpulkan dengan beberapa teknik yakni catatan lapangan (field note), wawancara dengan guru, validasi, dan kepraktisan secara teori maupun praktk, serta lembar tes literasi numerasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis proses pengembangan, analisis data kevalidan, analisis data kepraktisan secara teori dan secara praktik dengan angket respon siswa, serta hasil tes literasi numerasi siswa. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa: 1) Pada proses pengembangan tahap analisis didapatkan data mengenai kurikulum yang digunakan yakni kurikulum Merdeka, materi yang diajarkan, dan perangkat pembelajaran yang diterapkan oleh guru matematika kelas X-5 di SMAN 1 Gedangan. Pada tahap perancangan, didapatkan rancangan perangkat pembelajaran secara konseptual dan lembar validasi yang digunakan untuk menilai perangkat pembelajaran. Pada tahap pengembangan, menghasilkan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan dan divalidasi pada tahap penerapan, peneliti menerapkan perangkat pembelajran kepada siswa kelas X-5 SMAN 1 Gedangan dengan dua pertemuan. Pada tahap evaluasi, didapatkan hasil evaluasi dan hasil olah data untuk mengetahui nilai kevalidan dan kepraktisan dari perangkat pembelajaran yang telah diterapkan. 2) Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan nilai rata-rata total kevalidan modul ajar sebesar 3,75 dan LKPD sebesar 3,58. 3) Perangkat pembelajaran dinyatakan “praktis” secara teori dengan rata-rata total kepraktisan modul ajar dan LKPD 91,67; dan dinyatakan “praktis” secara praktik karena mendapatkan respon dari peserta didik “sangat positif” dengan presentase 87,14%. 4) Hasil rata-rata tes literasi numerasi siswa setelah diimplementasikan perangkat pembelajaran model PjBL terintegrasi STEM yakni sebesar 87,94 dengan kategori kemampuan literasi numerasi “sangat tinggi”.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Model PjBL; STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics); literasi numerasi | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Deviani Supriati | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 01:50 | ||||||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 01:50 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72537 |
Actions (login required)
View Item |