This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Shafani, Rifdah (2024) Pengembangan media video animasi matematika (Deosika) berbantuan Powtoon pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Rifdah Shafani_06040420066 full.pdf Restricted to Repository staff only until 1 August 2027. Download (14MB) |
|
Text
Rifdah Shafani_06040420066.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian pengembangan (development research) ini dilatar belakangi karena masih rendahnya kemampuan representasi matematis siswa yang ditunjukkan dengan masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai kurang dari KKM yang ditetapkan sekolah. Oleh karena itu, dibutuhkan ide kreatif berupa media yang dapat menarik minat belajar siswa mempelajari matematika serta membantunya memvisualisasikan konsep matematika yang abstrak. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk untuk mengembangkan media video animasi matematika (Deosika) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase, yaitu 1) fase penelitian pendahuluan, 2) fase pengembangan atau pembuatan prototipe, dan 3) fase penilaian. Desain uji coba media video animasi matematika dilakukan pada 31 siswa di kelas X-1 SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan video animasi matematika pada tahap penelitian pendahuluan memperoleh data tentang kurikulum dan materi pokok yang digunakan di SMA Wachid Hasyim 1 Surabaya yaitu kurikulum merdeka dan materi pokok ukuran pemusatan data, data permasalahan pembelajaran yaitu tidak tersedianya media pendukung untuk membantu siswa memahami materi, dan juga data kebutuhan pembuatan media video animasi. Pada tahap pembuatan prototipe terdapat 5 langkah pembuatan video animasi yang dilakukan peneliti yaitu, menyusun materi, membuat storyboard, pembuatan video pada Powtoon, editing video, serta pengunggahan ke YouTube. Terakhir yaitu tahap penilaian dimana validasi media pembelajaran dilakukan oleh validator ahli dan dilakukan uji coba kepada siswa. (2) Penelitian menunjukkan bahwa media video animasi matematika (Deosika) dinyatakan ”valid” oleh validator ahli materi dan ahli media dengan perolehan persentase sebesar 89,5% dan 86,43% yang dikategorikan ”sangat valid”. (3)Media video animasi matematika (Deosika) juga dinyatakan ”praktis” secara praktik dengan persentase respon siswa 85,48% yang dikategorikan ”sangat praktis”. (4) Media video animasi matematika (Deosika) dinyatakan ”efektif” untukmeningkatkan kemampuan representasi matematis siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan > Media Pendidikan > Pembelajaran |
||||||||||||
Keywords: | Video animasi Matematika; software Powtoon; kemampuan representasi matematis | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Rifdah Shafani | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Aug 2024 07:10 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Aug 2024 07:10 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72616 |
Actions (login required)
View Item |