This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Nurizky, Alfiandi (2024) TikTok Shop sebagai social commerce dan dampaknya pada keberlanjutan UMKM lokal dalam perspektif teori Difusi Inovasi Everett Rogers: studi pada Pasar Kapasan Baru Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Alfiandi Nurizky_10020320032 OK.pdf Download (2MB) |
|
Text
Alfiandi Nurizky_10020320032 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 6 August 2027. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana dampak dari kehadiran TikTok Shop dalam dunia perdagangan Indonesia terhadap kondisi UMKM Lokal di Pasar Kapasan Baru Surabaya, serta melihat apakah inovasi TikTok Shop dapat diadopsi atau diterima dengan baik oleh UMKM Lokal Pasar Kapasan Baru Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dan menggunakan teknik snowball sampling dalam proses pemilihan informan penelitian. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk mengkaji permasalahan dalam penelitian ini adalah Teori Difusi Inovasi oleh Everett Rogers. Penelitian ini menunjukan hasil bahwasanya proses difusi inovasi TikTok Shop ke dalam dunia perdagangan dan sistem sosial masyarakat Indonesia menunjukan indikator yang berhasil. Namun, adopsi inovasi TikTok Shop menggunakan parameter seluruh informan yang terdiri dari pelaku UMKM Pasar Kapasan Baru Surabaya dalam penelitian ini belum menunjukan indikator yang berhasil. Terdapat beberapa alasan dan latar belakang mengapa proses adopsi inovasi TikTok Shop oleh informan belum menunjukan indikator yang berhasil dalam penelitian ini.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Media Sosial Pedagang Wirausaha Sosiologi Teknologi |
||||||||
Keywords: | TikTok Shop; Difusi Inovasi; UMKM Lokal | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi | ||||||||
Depositing User: | Alfiandi Nurizky | ||||||||
Date Deposited: | 06 Aug 2024 03:21 | ||||||||
Last Modified: | 06 Aug 2024 03:21 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72686 |
Actions (login required)
View Item |