This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Devinda, Clara (2024) Nilai sosial dalam Film Buya Hamka. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Clara Devinda Jaya Sutrisna_04010120005 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Clara Devinda Jaya Sutrisna_04010120005 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 16 August 2027. Download (1MB) |
Abstract
Film merupakan media komunikasi massa audiovisual yang efektif untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas. “Buya Hamka,” sebuah film biografi Indonesia yang disutradarai oleh Fajar Bustomi dan ditulis oleh Alim Sudio serta Cassandra massardi, menggambarkan perjalanan hidup haji Abdul Malik Karim Amrullah (Buya Hamka), seorang ulama, sastrawan, dan tokoh nasional. Film ini mengandung nilai-nilai sosial yang kuat seperti keadilan, toleransi, rasa syukur, dan tolong menolong, yang dihadirkan melalui alur cerita dan karakterisasi yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji representasi nilai-nilai dalam film “Buya Hamka” menggunakan metode analisis semiotika menurut Roland barthes. Analisis ini berfokus pada adegan-adegan dalam film yang mengandung petanda (signifier) dan petanda (signified) untuk menemukan makna denotasi dan konotatif. Hasil penelitian menunjukkan bawha setiap adegan dalam film tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga mengandung pesan Pendidikan, informasi, persuasi, dan moral yang bermanfaat bagi masyarakat, khususnya generasi muda sebagai agen perubahan. “Buya Hamka” tidak hanya menampilkan perjalanan hidup seorang tokoh besar dalam sejarah Indonesia, tetapi juga berfungsi sebagai dokumen sosial dan budaya yang mengajarkan nilai-nilai sosial yang relavan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Dakwah > Dakwah, Masyarakat | ||||||||
Keywords: | Film; Buya Hamka; Nilai Sosial; Semiotika; Komunikasi massa; Pendidikan; Dakwah. | ||||||||
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | clara devinda | ||||||||
Date Deposited: | 16 Aug 2024 03:19 | ||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2024 03:19 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72687 |
Actions (login required)
View Item |