This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Farida, Sofiatul (2016) Peningkatan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS menggunakan media Papan Lembar Balik (Flip Chart) pada siswa Kelas III MI Ath Tholibin Ngambon Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (936kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman materi siswa kelas III MI Ath-Tholibin Ngambon-Bojonegoro masih rendah. Berdasarkan data hasil tes tulis siswa yang diperoleh dari guru IPS MI Ath-Tholibin Ngambon-Bojonegoro, pada materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS prosentase ketuntasan belajar kelas III yaitu hanya 56,25% yang mencapai KKM ≥ 70. Itu artinya dari 16 siswa kelas III, hanya 9 siswa yang mendapat nilai di atas KKM dan 7 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Hal tersebut dikarenakan siswa sulit memahami materi jenis-jenis pekerjaan dan kurang memperhatikan penjelasan guru pada saat pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti mengambil tindakan untuk menggunakan media papan lembar balik (flip chart) dalam penelitian ini.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan media papan lembar balik (flip chart) dalam meningkatkan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS siswa kelas III MI Ath-Tholibin Ngambon-Bojonegoro? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi jenis-jenis pekerjaan mata pelajaran IPS mengunakan media papan lembar balik (flip chart) pada siswa kelas III MI Ath-Tholibin Ngambon-Bojonegoro?.Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kurt Lewin yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat langkah pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan media papan lembar balik (flip chart) berjalan dengan baik melalui perbaikan-perbaikan pada tiap siklusnya. Hal ini ditunjukkan dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Aktivitas guru dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I dengan perolehan skor 78,58 menjadi 93,75 pada siklus II. Begitu juga aktivitas siswa mengalami peningkatan dari perolehan skor 76,19 pada siklus I menjadi 89,85 pada siklus II. (2) Meningkatnya nilai tes tulis siswa, yang juga dapat diartikan bahwa meningkat pula pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Terbukti dari prosentase ketuntasan siswa sebesar 68,75% pada siklus I menjadi 87,5% pada siklus II. Meningkatnya prosentase ketuntasan siswa juga diiringi dengan kenaikan nilai rata-rata kelas. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 78,03 dan mengalami peningkatan pada siklus II yaitu sebesar 83,87.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Media |
||||||||
Keywords: | Pemahaman; materi jenis-jenis pekerjaan; mata pelajaran IPS; media Papan Lembar Balik; flip chart | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Chalimatus Saidah | ||||||||
Date Deposited: | 15 Jul 2016 01:39 | ||||||||
Last Modified: | 29 Oct 2024 07:22 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7281 |
Actions (login required)
View Item |