This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Inesita, Balqis Tsani (2024) Analisis proses pemahaman geometri siswa berbantuan geogebra berdasaran perspektif teori Pirie Kieren. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Balqis Tsani Inesita_06020420021.pdf Download (7MB) |
|
Text
Balqis Tsani Inesita_06020420021_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 26 August 2027. Download (7MB) |
Abstract
Pemahaman geometri siswa dalam pembelajaran matematika belum optimal.Siswa mengalami kekurangpemahaman terhadap konsep-konsep geometri, dimana geometri cenderung memuat banyak konsep yang kompleks dan abstrak. Hal ini terlihat pada hasil survei TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) yang mengevaluasi kemampuan pemahaman matematika siswa di beberapa negara, dengan beberapa topik seperti geometri. Survei tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman siswa usia sekolah menengah Indonesia berada di bawah rata-rata internasional. Permasalahan ini akan berdampak pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal-soal. Dalam perspektif Teori Pirie Kieren, pemahaman geometri diklasifikasikan menjadi delapan lapisan, diantaranya primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, dan inventising. Selain itu, Geogebra merupakan salah satu perangkat lunak matematika dinamis dan interaktif yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran matematika. Dengan menggunakan Geogebra, siswa dapat membangun konsep matematika dan memvisualisasikan geometri. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran secara rinci mengenai proses pemahaman geometri siswa dari perspektif Teori Pirie Kieren melalui penggunaan Geogebra. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 6 siswa dari kelas IX-A SMP Islam Hamalatul Qur’an, yang terdiri dari 2 siswa dengan kemampuan pemahaman geometri tinggi, 2 siswa dengan kemampuan pemahaman geometri sedang, dan 2 siswa dengan kemampuan pemahaman geometri rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pemahaman geometri dari perspektif Teori Pirie Kieren dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan dari rancangan analisis deskriptif hasil Kembangan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa dengan kemampuan pemahaman geometri tinggi berhasil mencapai kedelapan lapisan pemahaman geometri Teori Pirie Kieren dengan baik, yaitu primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing, structuring, dan inventising. Siswa tersebut juga mengalami dua bentuk intervensi yaitu provokatif dan invokatif, (2) siswa dengan kemampuan pemahaman geometri sedang hanya mencapai lapisan keenam, yaitu primitive knowing, image making, image having, property noticing, formalizing, observing. Siswa tersebut mengalami satu bentuk intervensi yaitu provokatif, (3) siswa dengan kemampuan pemahaman geometri rendah hanya mencapai lapisan keempat saja, yaitu primitive knowing, image making, image having, property noticing dan mengalami satu bentuk intervensi yaitu invokatif.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Matematika Pendidikan |
||||||||||||
Keywords: | Pemahaman geometri, teori Pirie Kieren; geogebra | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Balqis Tsani Inesita | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2024 07:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2024 07:27 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72814 |
Actions (login required)
View Item |