This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadilla, Cindy Ari Nur (2023) Pengembangan media pembelajaran guna melatih kemandirian belajar peserta didik melalui model pembelajaran self-directed learning. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Cindy Ari Nur Fadilla_D74217035.pdf Download (3MB) |
|
Text
Cindy Ari Nur Fadilla_D74217035_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 27 August 2027. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran yang menarik dan interaktif sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar agar lebih menyenangkan dan membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu, pada penelitian ini akan dikembangkan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan pada model pembelajaran self-directed learning yaitu media pembelajaran berbasis video animasi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan media yang valid, praktis, dan efektif dalam pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran self-directed learning untuk melatih kemandirian belajar peserta didik, khususnya pada materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan R&D (Research and Development) yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Produk yang dihasilkan berupa media pembelajaran berbasis video animasi interaktif untuk melatih kemandirian belajar peserta didik. Hasil media akan dilakukan uji coba pada peserta didik kelas XI MAN Sidoarjo sebanyak 12 siswa. Pengumpulan subjek penelitian diambil peserta didik yang aktif mengikuti Program Terapan Bidang TIK (PRODISTIK) di kelas XI IPA 3. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan beberapa teknik yaitu catatan lapangan (field note), validasi, angket dan tes. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif, dan analisis kualitatif pada aspek kevalidan media. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi interaktif mendapatkan: 1) tahap preliminary research didapatkan desain prototipe media sesuai kebutuhan peserta didik, yakni video animasi interaktif, 2) tahap prototyping stage didapatkan desain prototipe media pembelajaran, 3) tahap assessment phase didapatkan media yang telah divalidasi. Hasil perhitungan analisis didapatkan nilai rata-rata kevalidan media sebesar 4,6. Media pembelajaran juga dinyatakan praktis setelah memenuhi dua aspek, yakni secara teoritis dapat digunakan di lapangan dengan sedikit revisi dengan nilai B oleh validator dan hasil persentase respon guru matematika sebesar 79,2% dengan kriteria baik. Media pembelajaran juga dinyatakan efektif dengan memenuhi tiga aspek, yakni dilihat dari hasil persentase respon peserta didik sebesar 96,15% dengan kriteria sangat baik; dari aspek persentase peserta didik tuntas sebesar 83,3%; serta dari aspek melatih kemandirian belajar peserta didik dengan persentase kemandirian belajar sebesar 80,4%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan > Media | ||||||||||||
Keywords: | Media pembelajaran; kemandirian belajar; self-directed learning | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Cindy Ari Nur Fadilla | ||||||||||||
Date Deposited: | 27 Aug 2024 06:29 | ||||||||||||
Last Modified: | 27 Aug 2024 06:29 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72860 |
Actions (login required)
View Item |