This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rokhman, Fatkhur (2023) Pengembangan modul ajar berbasis numerasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Fatkhur Rokhman_D74217042.pdf Download (11MB) |
|
Text
Fatkhur Rokhman_D74217042_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 29 August 2027. Download (11MB) |
Abstract
Numerasi menjadi salah satu kemampuan yang diukur dalam asesmen nasional dan berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Oleh karena itu, pada penelitian ini dikembangkan modul ajar berbasis numerasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berdiferensiasi. Selain itu, dikembangkan juga LKPD, asesmen penugasan, dan pretest-posttest yang menunjang kegiatan pembelajaran pada modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan modul ajar berbasis numerasi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima fase. Subjek penelitian ini adalah 25 peserta didik kelas VII-A MTs Negeri 3 Lumajang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah catatan lapangan sebagai data proses pengembangan modul ajar, teknik validasi sebagai data kevalidan dan kepraktisan, teknik tes dan teknik observasi sebagai data keefektifan modul ajar. Hasil analisis tersebut diperoleh: (1) Proses pengembangan modul ajar dimulai dengan fase analisis pada kebutuhan pada MTs Negeri 3 Lumajang memperoleh data yaitu kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka, modul ajar belum berbasis numerasi dan gaya belajar peserta didik kelas VII-A terdiri empat peserta didik kategori visual, dua kategori kinestetik, tiga visual-auditori, tujuh kategori visual-kinestetik, empat kategori auditori-kinestetik, dan lima peserta didik katergori rerata. Fase perancangan, dimulai dengan merancang modul ajar berdiferensiasi dengan tiga gaya belajar (visual, auditori, dan kinestetik) dan fase pengembangan mulai dikembangkan rancangan tersebut serta divalidasi oleh ahli. Fase penerapan yakni penerapan modul ajar yang dikembangkan pada peserta didik kelas VII-A dan mendapatkan data pretest dan hasil belajar. Pada fase akhir yakni evaluasi, peneliti mengevaluasi dan melakukan penilaian dalam mengukur keefektifan modul ajar. (2) Modul ajar memperoleh predikat “valid” dengan rata-rata total validasi keseluruhan 3,58 dan dinyatakan “praktis” dengan kategori A dan B pada penilaian validator sehingga modul ajar dapat digunakan dengan sedikit revisi. (3) Modul ajar dinyatakan “efektif” untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik berdasarkan hasil ketuntasan peserta didik secara individual dan klasikal sebesar 80%.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||||||||
Keywords: | Numerasi; pembelajaran berdiferensiasi; hasil belajar | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | FATKHUR ROKHMAN | ||||||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:58 | ||||||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:58 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72861 |
Actions (login required)
View Item |