This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Adawiyah, Robiatul (2024) Academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran Al-qur’an Hadits selama 2 tahun dengan sistem kredit semester di Man Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Robiatul Adawiyah_D91219148 OK.pdf Download (1MB) |
|
Text
Robiatul Adawiyah_D91219148 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 1 September 2027. Download (2MB) |
Abstract
Sistem Kredit Semester adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kebebasan peserta didik dalam menentukan beban belajar sesuai dengan kemampuannya. Dengan sistem ini, peserta didik dapat menempuh masa studinya paling cepat 2 tahun dan paling lambat 4 tahun. Karena padatnya pembelajaran, peserta didik dengan masa studi 2 tahun dituntut untuk memiliki keterampilan academic self-management yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran al-Qur’an Hadits selama 2 tahun dengan Sistem Kredit Semester di MAN Bangkalan, 2) Faktor pendukung dan penghambat academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran al-Qur’an Hadits selama 2 tahun dengan Sistem Kredit Semester di MAN Bangkalan, dan 3) Penyelesaian pembelajaran al-Qur’an Hadits selama 2 tahun dengan Sistem Kredit Semester di MAN Bangkalan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang terkumpul merupakan hasil dari observasi non-partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Academic self-management peserta didik dalam menyelesaikan pembelajaran al-Qur’an Hadits dengan Sistem Kredit Semester 2 tahun terdiri dari lima aspek, yaitu motivasi dengan penetapan tujuan, positif self-talk, dan self reward, pemilihan metode sesuai gaya belajar, penggunaan waktu berdasarkan skala prioritas, pengaturan lingkungan fisik dan sosial dengan sikap responsif, serta evaluasi kinerja dengan pengontrolan dan perbaikan hasil belajar. 2) Faktor pendukung meliputi minat belajar yang tinggi, pengalaman belajar, dan dukungan dari lingkungan sekitar. Sedangkan faktor penghambatnya berupa latar pendidikan yang tidak searah, metode pembelajaran yang tidak menarik, mudah distraksi, dan prokrastinasi tugas. 3) Penyelesaian pembelajaran al-Qur’an Hadits menggunakan Kurikulum Merdeka dengan menyaring materi yang esensial dan penuntasan UKBM.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Manajemen Pendidikan Islam Pendidikan > Pembelajaran Al Qur'an Hadis |
||||||||||||
Keywords: | Academic Self-Management; Pembelajaran Al-Qur’an Hadits; Sistem Kredit Semester | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Robiatul Adawiyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2024 04:11 | ||||||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2024 04:11 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72940 |
Actions (login required)
View Item |