This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Fadila, Nadia Nur (2024) Hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (Self-Confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis adiwiyata. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Nadia Nur Fadila_06010420012.pdf Download (13MB) |
|
Text
Nadia Nur Fadila_06010420012_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 28 August 2027. Download (13MB) |
Abstract
Permasalahan yang dapat memberikan dorongan pada tingkat kepercayaan diri peserta didik serta memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata, 2) hubungan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata, 3) hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggabungkan dan menganalisis hasil penelitian kuantitatif dan kualitatif dalam satu kerangka penelitian dengan pendekatan mix method. Metode pengumpulan data menggunakan instrument angket, soal tes dan wawancara. Sedangakan teknik analisis data menggunakan uji korelasi Spearman Rank dan deskriptif kualitatif yang digunakan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hubungan kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata peserta didik diperoleh nilai korelasi (rs) pada Spearman rank correlation sebesar 0,516 dan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,002 < 0,005 yang berarti tidak cukup bukti untuk menerima H0, dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis Adiwiyata, 2) hubungan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata peserta didik diperoleh nilai korelasi (rs) pada Spearman Rank Correlation sebesar 0,560 dan nilai signifikansi korelasi sebesar 0,001 < 0,005 yang berarti tidak cukup bukti untuk menerima H0, dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah matematika berbasis Adiwiyata, 3) hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) dengan kemampuan pemecahan masalah berbasis Adiwiyata peserta didik diperoleh hasil: Jika peserta didik mempunyai kemampuan berpikir kreatif dan kepercayaan diri (self-confidence) tinggi, atau salah satu dari keduanya tinggi, maka hasil kemampuan pemecahan masalahnya akan menghasilkan nilai tinggi.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Belajar Matematika Self confidence |
||||||||||||
Keywords: | Kemampuan berpikir kreatif; kepercayaan diri (self-confidence); kemampuan pemecahan masalah | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||||||||
Depositing User: | Nadia Nur Fadila | ||||||||||||
Date Deposited: | 28 Aug 2024 06:44 | ||||||||||||
Last Modified: | 28 Aug 2024 06:44 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72972 |
Actions (login required)
View Item |