This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ahdianillah, Ahdianillah (2009) Pengaruh program pemberantasan Buta Aksara dengan metode pendekatan Keaksaraan Fungsional terhadap peningkatkan kemampuan warga belajar pada bidang Pendidikan Agama Islam di Dusun Kudu Desa Weduni Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (749kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (257kB) | Preview |
|
|
Text
bab 3.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
pustaka.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Keaksaraan Fungsional mengandung arti program pengembangan kemampuan seseorang dalam menguasai dan menggunakan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung, kemampuan mengamati dan menganalisa yang berorientasi pada kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekitarnya. Kemampuan mengandung arti kuasa (sanggup melakukan sesuatu) berada, kaya, kesanggupan, kecakapan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey, dengan pendekatan kuantitatif. Dari penelitian ini terdapat rumus masalah yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan program pemberantasan buta aksara metode keaksaraan fungsional di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan?, 2. Bagaimana kemampuan warga belajar sebelum dan sesudah adanya program pemberantasan buta aksara metode keaksaraan fungsional pada bidang PAI di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan?, 3. Adakah pengaruh program pemberantasan buta aksara metode keaksaraan fungsional terhadap peningkatkan kemampuan warga belajar pada bidang PAI di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan? Populasi yang diambil adalah warga belajar program pemberantasan buta aksara metode keaksaraan fungsional di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan yang berjumlah 30 warga belajar. Untuk sampel, diambil dari semua populasi karena populasi kurang dari 100 orang. Sedangkan proses pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Dan pada penelitian ini menggunakan teknik analisis prosentase rumusan masalah pertama dan kedua. Untuk mengetahui pengaruh antara rumusan masalah pertama dan kedua adalah menggunakan teknik signifikan t Uji taraf signifikan. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1. pelaksanaan program pemberantasan buta aksara metode keaksaraan fungsional di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan dinilai baik, dari hasil prosentase sebesar 45,55%, yang dapat dibuktikan dengan standart prosentase 35%-65%. 2. kemampuan warga belajar pada bidang PAI sebelum berlangsungnya program pemberantasan buta aksara metode keaksaraan fungsional di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan dinilai tidak baik, dari hasil prosentase sebesar 4,44%, yang dapat dibuktikan dengan standart prosentase kurang dari 20%. Sedangkan kemampuan warga belajar pada bidang PAI sesudah berlangsungnya program pemberantasan buta aksara metode keaksaraan fungsional di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan dinilai baik, dari hasil prosentase sebesar 42, 88 %, yang dapat dibuktikan dengan standart prosentase 35%-65%. 3. Dan dari hasil data angket yang diberikan pada responden mempunyai pengaruh yang sedang atau cukup, hal ini dibuktikan dari product moment rxy = 0,6511 berada diantara 0,40–0,70. hal tersebut teruji signifikan, dengan menggunakan rumus t = 4,539, terbukti dari taraf signifikan 5% menunjukkan nilai 2,048 dan taraf signifikan 1% menunjukkan nilai 2,763, maka dinyatakan (Ha) diterima, dan (Ho) ditolak. Dan dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh Program Pemberantasan Buta Aksara Metode Keaksaraan Fungsional terhadap peningkatan kemampuan warga belajar pada bidang PAI di Dsn Kudu Ds Weduni Kec. Deket Kab. Lamongan.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Pendekatan Pendidikan > Pembelajaran |
||||||
Keywords: | Keaksaraan Fungsional | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 29 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 24 Oct 2018 07:10 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7303 |
Actions (login required)
View Item |