Korelasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Al-Qur'an Hadits di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muslimatun, Siti (2009) Korelasi model pembelajaran Kooperatif Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Al-Qur'an Hadits di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Muslimatun_D01303211.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya proses pembelajaran PAI yang terlalu menekankan pada aspek penalaran atau hafalan saja sehingga materi PAI dalam sekolah masih terbatas penyampaian pengetahuan tentang agama Islam. Proses internalisasi dan aplikasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari justru kurang mendapat perhatian siswa. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling berinteraksi dengan teman, sehingga ketika mengajar PAI berpeluang besar gagalnya proses internalisasi nilai-nilai agama Islam pada diri siswa. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menawarkan sebuah alternatif model pembelajaran dimana model pembelajaran ini lebih berpusat pada siswa yang disebut dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition). Dalam pelaksanaannya siswa ditempatkan ke dalam tim dengan anggota yang heterogen. Di dalam kelompok tersebut, mereka mempelajari materi yang telah ada. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran model kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik?, 2) Bagaimanakah hasil belajar siswa pada pokok bahasan Al-Qur’an Hadist di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik?, 3) Adakah korelasi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar siswa pada pokok pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik? 4) Sejauh mana korelasi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap hasil belajar siswa pada pokok pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik? Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian siswa MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik yang diambil secara acak (random sampling), diambil 10% dari jumlah populasi sebesar 862 siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif, sedangkan untuk mendapatkan jawaban mengenai korelasi model pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan Al-Qur’an Hadits di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik menggunakan teknik analisis statistik dengan rumus product moment. Berdasarkan hasil analisis korelasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC di MTS Nurul Fatah Gedangan Sidayu Gresik dengan menggunakan rumus product moment diketahui bahwa ro = rxy = 0,800 apabila kemudian di bandingkan dengan rt yang ada pada tabel dengan N/d.b = 86, dengan melihat taraf signifikasi 1% = 0,286 dan taraf signifikasi 5% = 0,220, berarti ro rt jadi 0,800 0,286 dan 0,800 0,220 maka konsekuensinya hipotesis kerja atau hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak, maka diketahui bahwa ada pengaruh antara Penerapan Model CIRC dengan hasil belajar siswa. Dan untuk mengetahui besarnya sejauh mana korelasi variabel X terhadap variabel Y maka menggunakan pedoman tabel konservatif nilai rxy yang diperoleh sebesar 0,800 selanjutnya dikonsultasikan pada tabel r interpretasi besarnya antara 0,600 sampai dengan mencapai 0,800 maka pengaruh Penerapan Model CIRC terhadap hasil belajar siswa di MTs Nurul Fatah Gedangan Sidayu adalah tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muslimatun, SitiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Qur'an - Metode Belajar; Kooperatif Tipe Circ; Cooperative Integrated Reading and Composition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 01 Jul 2019 03:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7311

Actions (login required)

View Item View Item