Penerapan model pembelajaran Beyond Center and Circle Times dalam membangun kecerdasan spiritual anak di R.A Aisyiah Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmatullah, Afif (2009) Penerapan model pembelajaran Beyond Center and Circle Times dalam membangun kecerdasan spiritual anak di R.A Aisyiah Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. i.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman, penghayatan, dan pengalaman siswa atau anak tentang agama islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk mewujudkan tujuan tersebut perlu diterapkan model-model pembelajaran yang relevan dan menarik agar dalam proses pembelajaran siswa atau anak tidak merasa bosan dan jenuh dalam menerima mata pelajaran. R.A Aisyiah Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo adalah salah satu sekolah yang menerapkan Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Times yang diharapkan dapat membangun kecerdasan spiritual (SQ) anak. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu suatu pendekatan penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa data-data tertulis atau lisan dari orang / prilaku yang dianalisis. Sedangkan bentuk penelitiannya adalah deskriptif yang menggambarkan suatu obyek yang berkenaan dengan masalah yang diteliti tanpa mempersoalkan hubungan antara variabel penelitian. Metode pengumpilan data dalam penelitian ini adalah dengan metode observasi, dokumentasi, dan interview. Sedangkan teknis analisisnya menggunakan teknik analisa deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Beyond Center and Circle Times di R.A Aisyiah Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo dan (2) bagaimana kecerdasan spiritual anak di R.A Aisyiah Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penerapan pembelajaran Beyond Center and Circle Times di R.A Aisyiah Penatarsewu Tanggulangin Sidoarjo belum optimal karena masih ada kekurangan yang perlu dilengkapi kekurangan tersebut adalah waktu dan sarana prasarana yang ada disekolah tersebut namun, walaupun demikian kecerdasan spiritual (SQ) anak sudah dapat dikategorikan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmatullah, Afif--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Pembelajaran; kecerdasan spiritual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2009
Last Modified: 24 Oct 2018 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7313

Actions (login required)

View Item View Item