This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rafly, Sultan Muhammad (2024) Strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Raqin Rafa Raditya_10040220099.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi yang berjudul “Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Pendapatan di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan” ini memiliki rumusan masalah pertama, bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan?. Kedua, apa saja hambatan dalam melakukan pemasaran UMKM Batik Tanjungbumi?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan pendapatan di UMKM Batik Tanjungbumi kabupaten Bangkalan dan mengidentifikasi hambatan dalam pemasaran UMKM batik Tanjungbumi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilakukan di UMKM Batik Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ada 10 orang yang terdiri dari pengusaha batik Tanjungbumi, pengrajin, pembeli/kolektor dan Kepala Dinas Bidang Pemberdayan Usaha Mikro di Dinas Koperasi Kabupaten Bangkalan. Menggunakan teori-teori strategi pemasaran oleh Kotler dan Armstrong.Hasil penelitian menunjukkan, pertama untuk meningkatkan pendapatan UMKM batik Tanjungbumi menerapkan beberapa strategi pemasaran, seperti iversifikasi produk, peningkatan kualitas, penggunaan media sosial, serta partisipasi dalam pameran dan event-event batik lainnya. Selain itu, kolaborasi dengan desainer, butik ternama serta instansi-instansi pemerintah/swasta juga terbukti efektif dalam memperluas jangkauan pasar. Penerapan strategi-strategi ini telah berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM Batik Tanjungbumi. Kedua, pemasaran UMKM Batik Tanjungbumi masih mengalami hambatan, baik internal maupun eksternal. Hambatan internal seperti keterbatasan modal dan sumber daya, penguasaan teknologi dan manajemen usaha yang lemah. Hambatan eksternal seperti persaingan yang ketat, kurangnya kesadaran dan apresiasi dari masyarakat serta fluktuasi harga bahan baku.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Manajemen Strategi Pemasaran Budaya |
||||||||
Keywords: | Strategi Pemasaran; Pendapatan; UMKM; Batik Tanjungbumi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Sultan Muhammad Rafly | ||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2024 03:54 | ||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:03 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73374 |
Actions (login required)
View Item |