This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Muzakki, Edo Alif Nur (2024) Pengaruh brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan minat beli ulang sebagai variabel intervening pada produk Rokok Surya 12 Gudang Garam di Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Edo alif nur muzakki_08010320011.pdf Download (4MB) |
|
Text
Edo alif nur muzakki_08010320011_Full.pdf Restricted to Repository staff only until 5 September 2027. Download (4MB) |
Abstract
Penulis melatarbelakangi bahwa PT Gudang Garam secara konsisten menjadi salah satu merek rokok yang paling banyak diminati di Indonesia. Bahwa, hal ini telah mendapatkan popularitas disemua kelompok sosial, khusus nya di kota Surabaya. Rokok sendiri telah menjadi konsumsi sehari-hari, sehingga menjadikan peluang untuk PT Gudang Garam membuat rokok dengan merek berbeda-beda.Dengan adanya merek-merek baru yang akan dikeluarkan sehingga seluruhnya memiliki positioning dan karakteristik yang berbeda anatar satu dan lainnya. Penjualan rokok Gudang Garam yang selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun tetap mampu mempertahankan posisinya meskipun hanyan mensponsori event atau iklan televisi dengan frekuensi yang lebih jarang dibandingkan perusahaan rokok lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak terhadap citra merek PT. Gudang Garam dari kualitas produk, loyalitas konsumen, dan niat membeli ulang di kalangan pelanggan rokok Gudang Garam. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif. Data primer yang diperoleh dari kuesioner yang bernilai positif pada skala pengukuran 1 sampai 5 merupakan jenis data yang digunakan. Dengan menggunakan teknik Sugiono, sebanyak 349 responden dijadikan sampel penyelidikan ini. Dalam penelitian Purposive sampling, sampel dapat diambil deangan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Peneliti menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis variance yaitu Partial Least Square (PLS) versi 3.2.9 untuk menilai alat dan hipotesis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, loyalitas konsumen dipengaruhi oleh brand image. Kedua, minat beli ulang dipengaruhi oleh brand image. Ketiga, loyalitas konsumen dipengaruhi kualitas produk. Keempat, minat beli ulang dipengaruhi kualitas produk. Kelima, loyalitas konsumen dipengaruhi minat beli ulang. Keenam, minat beli ulang berperan dalam memediasi hubungan antara brand image dan loyalitas konsumen. Ketujuh, terdapat hubungan antara kualitas produk dan loyalitas konsumen yang dimediasi oleh minat beli ulang. Bedasarkan hasil penelitian maka perusahaan disarankan untuk memperhatikan upaya perbaikan yang bisa dilakukan melalui strategi pemasaran yang lebih efektif, peningkatan kualitas produk, atau inovasi dalam penyampaian pesan merek. Upaya perbaikan ini harus bisa dirasakan oleh konsumen sehingga dapat tercipta brand image yang positif pada konsumen Gudang Garam. Mungkin pada segmen pasar tertentu di mana brand image masih berpengaruh pada minat beli ulang selain itu perusahaan Gudang Garam perlu tetap fokus pada memperbaiki strategi branding untuk meningkatkan loyalitas konsumen secara langsung.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Pemasaran | ||||||||
Keywords: | Minat beli ulang; brand image; kualitas produk; konsumen rokok Surya 12 Gudang Garam; loyalitas konsumen | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen | ||||||||
Depositing User: | Unnamed user with email edotesa31@gmail.com | ||||||||
Date Deposited: | 05 Sep 2024 06:32 | ||||||||
Last Modified: | 05 Sep 2024 06:34 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73511 |
Actions (login required)
View Item |