Pengaruh electronic word of mouth, flash sale, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik somethinc di shopee dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indriani, Cindy Afifah (2024) Pengaruh electronic word of mouth, flash sale, dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik somethinc di shopee dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel mediasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cindy Afifah Indriani_G93219069.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Cindy Afifah Indriani_G93219069_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan dalam berbagai bidang saat ini tidak dapat dihindari. Salah satunya pada bidang pemasaran. Perusahaan dituntut untuk terus melakukan berbagai macam strategi pemasaran dengan cara yang kreatif guna membangun kepercayaan konsumen yang dapat berakhir pada keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh antara variabel electronic word of mouth, flash sale dan citra merek terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Somethinc di Shopee yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis metode survei. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 250 responden yang diperoleh melalui teknik pengambilan sampel simple random sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS) yang merupakan model persamaan Structural Equation Model (SEM) yang diolah melaui software SmartPLS 3.2.9. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel electronic word of mouth dan flash sale tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan variabel citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Peran variabel mediasi terhadap variabel citra merek dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara partial mediation, yang menunjukkan bahwa variabel citra merek memiliki pengaruh secara langsung terhadap keputusan pembelian produk kosmetik Somethinc di Shopee yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Somethinc agar dapat konsisten melakukan promosi dengan meningkatkan e-WoM, mempertahankan event flash sale dengan kolaborasi bersama influencer, serta mempertahankan dan meningkatkan citra merek perusahaan dengan memberikan informasi yang up-to-date mengenai produk misalnya ketika ada promosi produk yang meliputi gratis ongkir, potongan harga, dan lain-lain. Sehingga akan muncul kepercayaan konsumen dan berakhir pada keputusan pembelian

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indriani, Cindy Afifahcindyafifah62@gmail.comG93219069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTantriana, Deasydeasy@uinsby.ac.id2028128301
Thesis advisorAini, Saqofa NabilahSAQOFA.NABILAH.AINI@uinsby.ac.id2009019301
Subjects: Manajemen
Pemasaran
Keywords: Electronic word of mouth; flash sale; citra merek; keputusan pembelian; kepercayaan konsumen; Somethinc
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Cindy Afifah Indriani
Date Deposited: 19 Sep 2024 04:53
Last Modified: 19 Sep 2024 04:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73846

Actions (login required)

View Item View Item