This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Septiansyah, Moch. Agung Lukman (2024) Penerapan pendidikan karakter unsur disiplin melalui kegiatan pramuka pada siswa SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Moch. Agung Lukman Septiansyah_02040820039.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penerapan karakter unsur disiplin pada siswa sangat penting. SMP Negeri 2 Mojo memiliki program penanaman karakter melalui kegiatan Pramuka. Menurut penuturan salah satu Guru di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri telah terjadi perubahan pada karakter disiplin siswa setelah diwajibkannya kegiatan pramuka di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri. Peserta didik menjadi lebih disiplin datang ke sekolah, disiplin mengumpulkan tugas dan disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter unsur disiplin melalui kegiatan pramuka pada siswa SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri ? dan 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan karakter unsur disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka pada siswa SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hal-hal berikut: 1) Menganalisis penerapan pendidikan karakter unsur disiplin melalui kegiatan pramuka pada siswa SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri, dan 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan karakter unsur disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka pada siswa SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, 1) pengumpulan data, 2) analisis data, 3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Mojo direncanakan dan diprogramkan secara sempurna oleh kepala sekolah dan pembina pramuka. Kegiatan pramuka diwajibkan bagi seluruh siswa sebagai wujud implementasi kurikulum 2013. Proses penanaman karakter disiplin melalui kegiatan pramuka dilakukan dengan cara belajar sambil bermain, diantara kegiatan tersebut ialah, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Upacara, Perkemahan, dan Bank Sampah. Sehingga menghasilkan nilai karakter disiplin pada kegiatan Pramuka yang dilaksanakan yaitu disiplin terhadap peraturan yang berlaku di sekolah, disiplin waktu, disiplin berpakaian, dan disiplin lingkungan. 2) Selain itu, juga terdapat faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pramuka terhadap pembentukan karakter disiplin siswa yaitu: adanya dukungan dari kepala sekolah, dukungan dari guru, sarana dan prasarana yang lengkap, dan adanya pelatih yang berkompeten di pramuka. Faktor penghambatnya yaitu: faktor lingkungan yang kurang baik, kurangnya pemahaman tentang manfaat pramuka, kurangnya rasa semangat siswa. berdasarkan faktor perhambat tersebut juga memiliki solusi dalam mengatasinya, diantaranya yaitu: Melakukan koordinasi dengan orang tua siswa yang bermasalah, Memberikan motivasi kepada siswa, Mengkemas program pramuka dengan semenarik mungkin, dan Melakukan pengontrolan disetiap kegiatan berlangsung.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Akhlak Kepribadian Agama dan Ilmu Pengetahuan |
||||||||||||
Keywords: | Penerapan Karakter; unsur disiplin; kegiatan pramuka | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | AGUNG AGUNG AGUNG | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:46 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:46 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73883 |
Actions (login required)
View Item |