Penerapan pendidikan karakter unsur disiplin melalui kegiatan pramuka pada siswa SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Septiansyah, Moch. Agung Lukman (2024) Penerapan pendidikan karakter unsur disiplin melalui kegiatan pramuka pada siswa SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moch. Agung Lukman Septiansyah_02040820039.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penerapan karakter unsur disiplin pada siswa sangat penting. SMP Negeri 2 Mojo memiliki program penanaman karakter melalui kegiatan Pramuka. Menurut penuturan salah satu Guru di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri telah terjadi perubahan pada karakter disiplin siswa setelah diwajibkannya kegiatan pramuka di SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri. Peserta didik menjadi lebih disiplin datang ke sekolah, disiplin mengumpulkan tugas dan disiplin dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Rumusan masalah penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter unsur disiplin melalui kegiatan pramuka pada siswa SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri ? dan 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan karakter unsur disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka pada siswa SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri ?. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hal-hal berikut: 1) Menganalisis penerapan pendidikan karakter unsur disiplin melalui kegiatan pramuka pada siswa SMP Negeri 2 Mojo Kabupaten Kediri, dan 2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan karakter unsur disiplin pada siswa melalui kegiatan pramuka pada siswa SMPN 2 Mojo Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode deskriptif. Penggalian data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, adapun analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, 1) pengumpulan data, 2) analisis data, 3) verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penanaman karakter disiplin melalui kegiatan Pramuka di SMP Negeri 2 Mojo direncanakan dan diprogramkan secara sempurna oleh kepala sekolah dan pembina pramuka. Kegiatan pramuka diwajibkan bagi seluruh siswa sebagai wujud implementasi kurikulum 2013. Proses penanaman karakter disiplin melalui kegiatan pramuka dilakukan dengan cara belajar sambil bermain, diantara kegiatan tersebut ialah, Peraturan Baris Berbaris (PBB), Upacara, Perkemahan, dan Bank Sampah. Sehingga menghasilkan nilai karakter disiplin pada kegiatan Pramuka yang dilaksanakan yaitu disiplin terhadap peraturan yang berlaku di sekolah, disiplin waktu, disiplin berpakaian, dan disiplin lingkungan. 2) Selain itu, juga terdapat faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program pramuka terhadap pembentukan karakter disiplin siswa yaitu: adanya dukungan dari kepala sekolah, dukungan dari guru, sarana dan prasarana yang lengkap, dan adanya pelatih yang berkompeten di pramuka. Faktor penghambatnya yaitu: faktor lingkungan yang kurang baik, kurangnya pemahaman tentang manfaat pramuka, kurangnya rasa semangat siswa. berdasarkan faktor perhambat tersebut juga memiliki solusi dalam mengatasinya, diantaranya yaitu: Melakukan koordinasi dengan orang tua siswa yang bermasalah, Memberikan motivasi kepada siswa, Mengkemas program pramuka dengan semenarik mungkin, dan Melakukan pengontrolan disetiap kegiatan berlangsung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Septiansyah, Moch. Agung Lukmanmagunglukmanseptiansyah@gmail.com02040820039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Akhlak
Kepribadian
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Penerapan Karakter; unsur disiplin; kegiatan pramuka
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AGUNG AGUNG AGUNG
Date Deposited: 23 Sep 2024 07:46
Last Modified: 23 Sep 2024 07:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73883

Actions (login required)

View Item View Item