This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Aini, Aprilia Elok Nur (2016) Peningkatan pemahaman mata pelajaran PKN materi bangga berbangsa Indonesia melalui model pembelajaran artikulasi pada siswa kelas III MI Darul Ulum Gedongan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (593kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa terhadap mata pelajaran PKn materi Bangga Berbangsa Indonesia, karena penyampaian materi yang hanya dilakukan dengan ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa pasif dalam proses pembelajaran dan kurang termotivasi. Dalam hal ini, peneliti memilih menggunakan model pembelajaran Artikulasi untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Yaitu meningkatkan pemahaman siswa kelas III MI Darul Ulum Gedongan Sidoarjo dalam pembelajaran PKn materi Bangga Berbangsa Indonesia.Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tingkat pemahaman mata pelajaran PKn materi Bangga Berbangsa Indonesia sebelum diterapkan model pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas III MI Darul Ulum Gedongan Sidoarjo, (2) mengetahui penerapan model pembelajaran Artikulasi dalam peningkatan pemahaman mata pelajaran PKn materi Bangga Berbangsa Indonesia pada siswa kelas III MI Darul Ulum Gedongan Sidoarjo, (3) mengetahui peningkatan pemahaman mata pelajaran PKn materi Bangga Berbangsa Indonesia setelah menggunakan model pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas III MI Darul Ulum Gedongan Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan model Kurt Lewin, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan, meliputi: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes tertulis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat pemahaman siswa sebelum diterapkan model pembelajaran Artikulasi masih rendah, diketahui dari 40 siswa yang ada di kelas III hanya 12 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM. Dengan perolehan nilai terendah adalah 10 dan nilai tertinggi adalah 90, serta nilai rata-rata kelas mencapai 47,75. (2) Penerapan model pembelajaran artikulasi berjalan efektif baik pada siklus I maupun siklus II. Hal ini dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru meningkat dari 78,125% pada siklus I menjadi 96,875% pada siklus II. Sedangkan observasi aktivitas siswa meningkat dari 78,57% pada siklus I menjadi 92,9% pada siklus II. (3) Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari 30% dengan rata-rata 47,75 sebelum diterapkan model pembelajaran artikulasi, menjadi 60% dengan rata-rata 61,725 pada siklus I dan 92,5% dengan rata-rata 82,7 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas III dalam mata pelajaran PKn di MI Darul Ulum Gedongan Sidoarjo.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Contributors: |
|
||||||||
Subjects: | Metode Pembelajaran Pendidikan |
||||||||
Keywords: | Peningkatan pemahaman; model pembelajaran Artikulasi | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Aprilia Elok Nur Aini | ||||||||
Date Deposited: | 21 Sep 2016 04:48 | ||||||||
Last Modified: | 28 Oct 2024 01:48 | ||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7394 |
Actions (login required)
View Item |